Sukses

Bus CNG, Solusi Transportasi Massal Kota Modern

PT Hino Motors Manufacturing (HMMI) meresmikan produk bus berbahan bakar gas alam terkompresi

Liputan6.com, Purwakarta - PT Hino Motors Manufacturing (HMMI) meresmikan produk bus berbahan bakar gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG) di pabrik Hino yang berada di kawasan Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jumat (27/11/2015).

Bus ini diresmikan langsung oleh I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian. Selain itu, hadir pula Kazushi Ehara, Presiden Direktur HMMI dan Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).


Peresmian bus CNG tersebut sebelumnya pernah dilakukan pada 2007. Saat itu, bus berbahan bakar CNG disuplai untuk Transjakarta, dan masih digunakan sampai saat ini. Dengan diluncurkannya bus ini, Hino jadi pabrikan pertama yang berhasil ciptakan bus CNG di Tanah Air.

"Saya berharap, bus Hino CNG ini dapat menjadi solusi dalam membantu pemerintah untuk hadirkan transportasi massal yang nyaman bagi warga," ujar Ehara.


Selain untuk ikut tender Transkajakarta, Hiroo Kayanoki juga mengatakan bahwa mobil ini diperuntukkan bagi swasta. "Kami siap melayani permintaan dan memenuhi kebutuhan instansi pemerintah dan swasta," ujarnya.

Bus Hino CNG yang diproduksi ini adalah tipe RK CNG dengan kapasitas 80 penumpang. Menggendong mesin 6 silinder berkapasitas 7.961 cc yang dilengkapi turbocharger dan intetcooler, bus ini hasilkan tenaga 256 Tk.

Selain itu, karena berbahan bakar gas, bus ini dipastikan ramah lingkungan jika dibanding bus bermesin bensin atau Diesel. Suara dan getaran yang dihasilkannya juga diklaim lebih lembut dan halus. Untuk keselamatan, bus CNG ini ditanami full air brake sehingga daya pengereman lebih responsif serta mudah dirawat.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini