Sukses

5 Fitur Lampu Mobil yang Mungkin Belum Anda Ketahui, Penasaran?

Berikut adalah lima teknologi lampu mobil yang mungkin belum Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur mobil yang terus berkembang adalah lampu. Memang fungsinya tetap sama, yaitu menerangi jalanan. Tetapi, teknologi penerangan tersebut semakin hari kian canggih saja.

Lampu LED adalah salah satu dari teknologi itu. Dengan LED, pancaran diode intensitasnya jauh lebih tinggi sehingga cahaya yang dihasilkan lebih terang dan dapat menerangi dengan jarak lebih jauh.

Selain lampu LED, masih banyak teknologi lain yang mungkin saja belum banyak orang yang mengetahuinya. Mau tahu apa saja? Diolah dari Motortrend, berikut lima di antaranya:

Matrix LED light

Matrix LED Light adalah perkembangan selanjutnya dari lampu LED. Dikembangkan oleh Opel, lampu LED ini diklaim tidak menyilaukan mata pengemudi lain yang berpapasan meskipun disetel dengan high beam (sorotan jauh).

Automatic high beam

Terkadang juga disebut sebagai smart high beam. Sebagaimana namanya, teknologi ini akan secara otomatis beralih dari sorotan jauh ke sorotan dekat jika mendeteksi adanya objek lain di jalan.

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Adaptive headlight system

Fitur ini memungkinkan sorot lampu utama bergerak sesuai arah kemudi sehingga dapat menyesuaikan dengan jalanan yang dilalui. Terdapat pada mobil seperti Ford Focus dan Audi A8, fitur ini sangat cocok bagi mereka yang berkendara di malam hari dengan jalanan berliku.

Laser headlight

Teknologi ini juga dapat dikatakan sebagai kemajuan dari lampu LED. Lampu ini tidak benar-benar berjenis laser, tetapi jarak tembaknya jauh, yaitu dua kali lipat dari lampu LED. Salah satu pabrikan yang menggunakan teknologi ini adalah Audi. Lampu ini baru mulai bekerja saat A8 berlari 60 km/jam. Saat bekerja lampu ini bisa menerangi jalan dengan jarak jangkau 500 meter.

Puddle lamps

Bukan hanya untuk penerangan saja, ada juga beberapa pabrikan yang mengembangkan pencahayaan untuk hal lain, misalnya membuka pintu mobil. Salah satu pabrikan yang mengembangkan ini adalah Lincoln Motor Company.

Jadi, saat pengemudi sudah dekat mobil, maka proyektor kecil akan memunculkan cahaya yang membentuk logo di samping pintu layaknya karpet selamat datang.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini