Sukses

Diguyur Air Mendidih Bumper Penyok Kembali Normal

Air mendidih ternyata bisa digunakan untuk memperbaiki body mobil yang penyok.

Liputan6.com, Surabaya - Body mobil penyok terjadi karena banyak hal, misalnya tertabrak. Untuk memperbaikinya, pemilik mobil biasanya akan langsung ke bengkel reparasi body. Tentu, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Sebetulnya, bengkel reparasi bukanlah satu-satunya cara untuk mengembalikan body mobil ke kondisi semula. Ada cara lebih mudah yang dapat dilakukan sendiri. Alat yang dibutuhkan hanyalah air mendidih sebanyak satu teko.

Sebuah video yang diunggah Buddi Sy ke grup Facebook Ertiga Club Indonesia (ERCI) Jawa Timur mendemonstrasikan hal ini. Terlihat pada video tersebut, bumper belakang Ertiga berkelir putih sedikit penyok.

Kemudian, bagian tersebut disiram dengan air mendidih. Pada detik ke-50, penyok tersebut menghilang, meskipun tidak sempurna.

"Bukan sulap bukan sihir, tapi kenyataan. Bagi yang kena musibah mobilnya penyok solusinya cukup sediakan air panas mendidih di teko saja untuk disiramkan ke bemper yang penyok. Insya Allah bagus lagi," tulis caption video, dikutip Senin (16/11/2015).

Menurut laman Carmudi, trik seperti ini bisa dilakukan dengan syarat body mobil terbuat dari plastik keras. Sebagaimana hukum fisika dasar, plastik yang dipanaskan memang akan melentur, dan dapat diubah bentuknya.

Selain air mendidih, cara lainnya yang bisa dicoba sendiri adalah dengan menggunakan pengering rambut/hair dryer. Logikanya sebetulnya sama, bahwa hair dryer itu membuat plastik panas dan menjadi lentur.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.