Sukses

Generasi Y Biasanya Tidak Gampang Puas, Beda Kalau Urusan Mobil

generasi `Y` atau generasi milenial adalah kelompok masyarakat yang paling puas terhadap pelayanan rental mobil.

Liputan6.com, California - Sebuah riset terbaru dari JD Power menunjukkan bahwa generasi `Y` atau generasi milenial adalah kelompok masyarakat yang paling puas terhadap layanan rental mobil. Dalam riset ini, generasi Y adalah mereka yang lahir antara 1977 - 1994.

Terdapat beberapa aspek yang diteliti oleh konsultan marketing yang kantor pusatnya ada di California, Amerika Serikat (AS) ini. Di antaranya adalah proses penyewaannya itu sendiri, serta kualitas mobil yang dipinjam.

Dari riset itu, ditemukan bahwa selain menjadi kelompok usia paling puas terhadap pelayanan rental mobil, mereka jugalah yang paling aktif berbagi pengalaman yang diperolehnya melalui internet.

Dijelaskan, dari skala 1-10, generasi milenial memberi poin 10 untuk pengalaman berkendara mobil rental, dimana 5,83 di antaranya memberikan rekomendasi positif. Namun, jika merasa pelayanan rental buruk, maka hanya 1,46 saja yang akan memberikan komentar negatif. Sisanya lebih memilih diam.

Temuan studi ini menunjukkan bahwa industri penyewaan mobil telah mencapai nilai indeks tertinggi sejak 2006. Sementara Enterprise menempati posisi teratas sebagai perusahaan penyewa mobil paling laris di Amerika Utara.

"Banyak yang mengatakan bahwa generasi milenial sama sekali tidak puas oleh banyak hal, tapi dalam kasus ini (sewa mobil) jelas itu tidak terjadi," ujar Rick Garlick, salah satu manager JD Power.

Sebagai informasi tambahan, generasi Y ini adalah kelompok usia kedua terbesar yang menjadi pengguna mobil rental (34 persen). Persis di bawah generasi tua (Gen X) yang mencapai angka 43 persen.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini