Sukses

Kapan Waktu Ganti Oli yang Tepat? Ikuti Buku Pedoman

Shell Indonesia tetap menganjurkan para konsumennya untuk mengganti oli mengikuti anjuran pabrikan.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap agen pemegang merek memasarkan sepeda motor di Indonesia berikut komponen pendukung salah satunya adalah oli. Dalam buku pedoman pemilik kendaraan juga telah ditetapkan mengenai durasi penggantian oli secara periodik.

Namun demikian, masih ada pemilik yang mengganti oli tidak sesuai anjuran yang telah disarankan. Meskipun tidak ditunjuk sebagai penyedia pelumas resmi APM di Indonesia, PT Shell Indonesia tetap menganjurkan para konsumennya untuk mengganti oli mengikuti anjuran pabrikan.

"Kalau dari Shell, kami sarankan ikuti petunjuk dr APM. Shell tidak memberi saran khusus untuk ganti oli," jelas Shofwatuzzaki, Lubricant Technical Advisor PT Shell Indonesia, Sabtu (3/9).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Zaki ini menjelaskan jika para APM mengeluarkan anjuran penggantian oli sesuai dengan riset yang telah dilakukan. Oleh karena itu, antara satu APM dengan yang lainnya berbeda dalam hal periode penggantian oli.

"Kita tidak bisa pukul rata semua sama (periode ganti oli). Riset seperti itu sudah menggambarkan kondisi secara umum motor di Indonesia," tandasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini