Sukses

10 Fakta Menarik Lamborghini

Jauh sebelum menjadi perusahaan ini disegani, pabrikan asal Italia itu ternyata menyimpan seabrek fakta menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Lamborghini tersohor sebagai pencipta mobil berperforma tinggi. Jauh sebelum menjadi perusahaan ini disegani, pabrikan asal Italia itu ternyata menyimpan seabrek fakta menarik.

Sejumlah orang mungkin tahu sejarah awal lahirnya mobil berlambang banteng mengamuk. Ya, Ferrucio Lamborghini, membuat mobil berperforma ini lantaran sakit hati terhadap pencipta Ferrari.

Terkenal sebagai produsen traktor, Lamborghini kemudian banting setir untuk menggodok mobil bertenaga ganas yang bakal menjadi penantang kuat Ferrari di masa depan.

Singkat cerita, 350 GTV lahir dan menandai debut Lamborghini. Waktu membuktikan, si banteng menunjukkan keperkasaannya. Mereka sukses menyaingi si kuda jingkrak dan menjadi simbol kejayaan bagi orang-orang berduit dunia.

Nah, di samping sejarah singkat di atas, Lamborghini teryata menyimpan fakta-fakta unik lain yang tak kalah menarik. Disadur dari Therichest, berikut uraiannya:

- Jualan kendaraan militer

Lamborghini pernah mencoba menjual kendaraan sejenis Hummer kepada pihak militer Amerika Serikat (AS).



Pada 1977, Lamborghini memproduksi mobil seperti yang kita kenal sekarang, Hummer. Namanya Cheetah, untuk militer AS. Namun sayang, saat dites, mobil tangguh itu mengalami kendala sehingga mengalami kecelakaan.

- Mobil patroli polisi Vatikan dan Italia

Seperti pepatah, jangan adu kecepatan di Italia dan mencoba lari dari kejaran polisi jika mereka menggunakan Lamborghini.

Pasalnya, polisi Italia dan Vatikan merupakan aparat yang pertama kali menggunakan Lamborghini sebagai armada patroli. Baru setelahnya diikuti oleh Dubai.

- Setiap unit Lamborghini dikerjakan oleh 100 orang

Demi menjaga keunikan dari brand-nya, setiap unit Lamborghini diproduksi secara hand-built, mulai dari kaca depan, pintu, dan keseluruhan mobil. Dibutuhkan 100 orang untuk membangun setiap unit Lamborghini.



Sebagai contoh, Lamborghini Murcielago SV membutuhkan sekira 130 orang. Tak heran bila harga jualnya lebih dari US$ 400 ribu atau sekira Rp 5,8 miliar (kurs Rp 14.000 per dolar AS).

- Lamborghini cuma mampu produksi delapan unit per hari

Alih-alih menjaga kualitas, Lamborghini hanya memproduksi delapan unit per hari atau sekira 2-3 ribu per tahun. Pada 2011, Lamborghini hanya memproduksi 1.711 mobil dengan mempekerjakan 800 orang.

- Arti lambang Lamborghini

Bila melihat logo Lamborghini, mungkin Anda hanya menafsirkan sebagai banteng yang tengah mengamuk. Sebenarnya, logo dipilih untuk merepresentasikan zodiak Ferrucci Lamborghini, Taurus.

[Lamborghini mobilnya petani] Klik halaman berikutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

- Kendaraannya petani

Seperti diceritakan di awal tulisan, Lamborghini mengawali bisnis sebagai produsen kendaraan untuk sektor pertanian.

Sang pendiri, Ferrucio Lamborghini merupakan mekanik Italian Royal Airforce yang kemudian pindah jalur untuk memproduksi  traktor. Selain itu, Lamborghini juga memiliki produk pendingin dan pemanas udara.

- Sukses karena Ferrari

Ferruccio Lamborghini kaya raya dan menggeluti hobi mahal dengan membeli sebuah Ferrari 250 GT. Namun, mobil tersebut justru menimbulkan kekecewaan. Sebab, ia justru frustasi karena permasalah kopling hingga akhirnya menemui Enzo Ferrari untuk meminta saran.

Bukan jawaban yang ia dapat, Enzo Ferrari justru melemparkan komentar yang membuat Ferrucio Lamborghini tersinggung. "Masalah bukan pada mobilnya, tapi pada pengendaranya!" kata Ferrari.



Yang parahnya lagi, Ferrari pun melontarkan ucapan pedas dengan menyuruh Lamborghini untuk mengurusi traktornya saja. Merasa dihina, Lamborghini pun bersumpah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bakal mematahkan pesona Ferrari.

Setelah itu, Lamborghini pun mulai serius untuk menggarap mobil. Ia pun memanfaatkan sebuah kota kecol San'Agta sebagai basis produksi mobil-mobilnya. Pada masa awal, mantan karyawan Ferrari, Giotto Bizzarini, Franco Scaglione, dan Gian Paolo Dallara diajak ikut bergabung.

- Lamborghini tak cuma garap supercar dan sportscar

Setelah kegagalannya pada Lamborghini Cheetah, Ferroucci memperbaiki karyanya lewat LM002 atau yang dikenal dengan Rambo Lambo yang mengusung mesin V12 pada 1986.

- Lamborghini selalu ludes

Setiap model Lamborghini telah habis terjual sebelum masa produksi. Merek Lamborghini yang berkembang jadi lambang kesuksesan jadi buruan orang-orang berkocek tebal.

- Manufaktur termahal dunia

Sampai saat ini, Lamborghini dinobatkan sebagai manufaktur mobil termahal di dunia.



Anda bisa menilai ini dari harga dari tiap model yang ditetaskan. Veneno misalnya, dilego US$ 3,9 juta atau setara Rp 57 miliar. Di atas kertas, mobil ini punya mesin bertenaga 750 Tk dan dilepas untuk memperingati hari jadi ke-50 Lamborghini.

(fss/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini