Sukses

All New Honda CB150R Terbukti Lincah dan Irit

Motor sport 150 cc ini menjadi teman perjalanan dari Bandung menuju Pangandaran sejauh 291,1 km.

Liputan6.com, Pangandaran - Hari pertama kegiatan Journalist Leisure Riding, Senin (21/9), Liputan6.com berkesempatan untuk menunggangi all new Honda CB150R StreetFire. Motor sport 150 cc ini menjadi teman perjalanan dari Bandung menuju Pangandaran sejauh 291,1 km.

Waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB dan rombongan berangkat dari kantor pusat PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku dealer utama sepeda motor Honda Jawa Barat yang berada di Cibeureum, Bandung. Touring panjang ini melalui rute Bandung, Rancaekek, Nagrek, Garut, Cipatujah, Citumang, Pangandaran.

Baru memulai perjalanan kemacetan langsung menyapa. Padatnya lalu lintas membuat Liputan6.com beserta peserta lainnya sigap untuk merapatkan barisan.

Di jalur macet seperti ini, motor dengan dimensi panjang 2.019 mm, lebar 719 mm, dan tinggi 1.039 mm, terasa lincah. Liputan6.com yang memiliki postur 175 cc dapat dengan mudah mengendalikan.

Meliuk-liuk di tengah kemacetan rasanya begitu mudah, namun sayang kaca spion CB150R terlalu "lemas" sehingga sedikit saja tersenggol maka posisinya langsung berubah.

All New Honda CB150R StreetFire menjadi teman perjalanan di kegiatan Journalist Leisure Riding

Keluar dari kepadatan kota Bandung, lalu lintas pun mulai lancar saat akan memasuki wilayah Nagreg. Perjalanan relatif lancar dan motor dipacu dengan kecepatan rata 90 km/jam.

66 km selepas garis start, bokong mulai terasa panas. Beruntung tidak lama setelah itu kami beristirahat sejenak di dealer Honda Surya Wijaya Garut.

Kemampuan bermanuver CB150R kembali dirasakan saat memasuki daerah Cipatujah. Daerah dengan kontur khas berbukitan yang didominasi jalan berkelok naik dan turun mampu memacu adrenalin.

CB150R terbaru telah mengadopsi ban tubeless dengan ukuran lebih besar dari pendahulunya, yakni 100/80 – 17 52P di depan dan 130/70 – 17 62P di belakang. Dengan tapak ban yang lebih lebar, cornering dengan motor ini semakin percaya diri.

All New Honda CB150R StreetFire menjadi teman perjalanan di kegiatan Journalist Leisure Riding

Memasuki daerah pesisir pantai Pangandaran, trek lurus menghampar. Di sini beberapa peserta gas poll untuk uji nyali dan mengetahui berapa kecepatan maksimal tunggangan yang bisa diraih.

Atas dasar keamanan dan keselamatan diri dan peserta touring, Liputan6.com hanya berani sampai kecepatan 117 km/jam. Sementara peserta lain ada yang mengaku sampai 126 km/jam. Namun yang pasti untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dengan motor ini terasa cukup cepat.

Sekadar informasi, all new CB150R StreetFire mengandalkan mesin 149.26 cc DOHC 4 katup berkekuatan 16,6 Tk dengan torsi 13.8 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan.

All New Honda CB150R StreetFire menjadi teman perjalanan di kegiatan Journalist Leisure Riding

Dalam touring ini tidak cuma jalan mulus yang dilalui. Jalan dengan kondisi rusak parah juga dilewati terutama saat menuju obyek wisata Citumang. Karena tidak berboncengan, bantingan suspensi belakang dengan sistem Pro-Link terasa keras namun masih dalam ketegori nyaman.

Saat melewati jalan rusak ini Liputan6.com memiliki catatan tersendiri. Tuas persneling CB150R terasa keempukan. Saat kaki berpijak pada foot step dan tuas persneling, kerap kali posisi gigi turun sendiri.

Berjalan hampir 300 km dengan cara berkendara yang normal, Honda CB150R terbilang cukup irit. Kondisi bensin full tank (12 liter RON 95) saat start, dan fuel indicator menunjukkan sisa tiga bar saat menyentuh garis finish di Hotel Sun In Paradise di Pantai Pangandaran. Itu artinya bensin masih menyisakan setengah tangki.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini