Sukses

Paus Fransiskus Pilih Fiat 500L Jadi Mobil Dinasnya di AS

Paus Fransiskus pilih Fiat 500L sebagai mobil dinasnya selama berkunjung ke AS.

Liputan6.com, Maryland - Paus Fransiskus memilih Fiat 500L sebagai mobil dinasnya selama berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Kunjungan ini cukup bersejarah, karena inilah kali pertama Paus menginjakkan kaki di negeri Paman Sam tersebut.

Dilaporkan NY Daily News, dengan mobil tersebut, Paus akan berkeliling ke berbagai tempat, termasuk Washington. Selain itu, Fiat 500L ini juga akan mengantarkan Paus ke beberapa acara publik lainnya.

Sebelumnya, saat meninggalkan bandara, Paus naik di sisi penumpang. Dengan jendela yang terbuka, ia melambaikan tangan pada orang di sekelilingnya.

"Bukan limo untuk seorang Paus? Ia akan mengendarai Fiat ke DC!" tulis akun bernama devindwyer yang di-reply oleh official account FIAT USA.

Mobil yang digunakannya saat ini agar berbeda dengan mobil paus lainnya, atau yang juga dikenal dengan `popemobile`. Biasanya, Paus selalu menggunakan mobil berkelir putih. Kali ini, mobil yang dia gunakan berwarna hitam.

Apalagi, mobil ini nampaknya tidak dilengkapi dengan perlengkapan keamanan tertentu sebagaimana mobil kenegaraan lainnya. Tidak nampak sama sekali jika mobil ini anti peluru atau ledakan, misalnya.

Menurut laman Fiat Inggris, 500L dilengkapi dengan mesin 1,4 liter yang hasilkan tenaga 95 Tk dan transmisi manual 6 percepatan. Selain itu, tersedia pula dua varian mesin Diesel yang hasilkan tenaga 105 dan 120 Tk.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.