Demi Tekan Emisi, Polisi Los Angeles Gunakan BMW i3

Oleh Yongki Sanjaya pada 15 Sep 2015, 07:06 WIB
Diperbarui 15 Sep 2015, 07:06 WIB
Demi Tekan Emisi, Polisi Los Angeles Pinjam BMW i3
Perbesar
Kepolisian Los Angeles diberi jangka waktu selama 12 bulan untuk menguji coba kemampuan mobil listrik tersebut.

Liputan6.com, California - California merupakan negara bagian di Amerika Serikat yang fokus berperang melawan polusi udara. Demi mendorong terciptanya udara bersih, Los Angeles Police Departement (LAPD) lantas mendatangkan beberapa unit mobil ramah lingkungan BMW i3 untuk mobil patroli.

Adapun mobil listrik ini merupakan pinjaman dari raksasa otomotif Jerman, BMW. Kepolisian Los Angeles diberi jangka waktu selama 12 bulan untuk menguji coba kemampuan mobil listrik tersebut dan sekaligus sebagai percontohan mobil dinas ramah lingkungan.

Dilansir Autoevolution, Selasa (15/9/2015), mobil ini akan dikelir dengan warna hitam-putih khas mobil patroli LAPD. Tak luput, mobil ini juga didukung dengan lampu rotator pada atap.

"Keputusan LAPD untuk menjajaki i3 memperlihatkan sifat menarik pada mobil tersebut yakni serbaguna dan menjadi kendaraan yang berkelanjutan. i3 begitu ideal dengan teknologi berbasis filosofi penelitian yang dilakukan LAPD," ujar Christine Fleischer Manager BMW i pada BMW Amerika Utara.

Namun demikian, baik LAPD maupun BMW tidak mengonfirmasi apakah i3 yang dipakai seluruhnya merupakan mobil hibrida atau murni mobil listrik. Jikalau menggunakan versi tenaga listrik, LAPD dapat menjadi contoh kepolisian di seluruh dunia agar mengaplikasikan mobil listrik.

Adapun BMW i3 versi tenaga listrik didukung baterai yang mampu dikendarai dengan jarak tempuh hingga 160 km. Selain itu, dimensi mobil yang kompak membuat i3 memiliki radius putar yang kecil. Alhasil, mobil ini dapat melalui kondisi lalu lintas di LA yang sibuk.

(ysp/ian)