Sukses

Lebih Baik Mana, Lampu HID atau LED?

Banyak pengguna kendaraan bermotor memutuskan mengganti lampu standarnya dengan jenis lampu tersebut.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Tren penggunaan lampu HID dan LED semakin besar. Banyak pengguna kendaraan bermotor memutuskan mengganti lampu standarnya dengan jenis lampu tersebut.

Lantas, lebih baik mana, lampu HID atau LED? Menurut Gesang, salah satu sales Autovision, distributor lampu-lampu kendaraan, keduanya sama-sama baik. Tergantung kebutuhan penggunanya.

"Lebih bagus mana antara LED dan HID sebetulnya tergantung kebutuhan. Misalnya mereka yang lebih banyak menggunakan kendaraan untuk jarak jauh, lebih cocok pakai HID," katanya di booth Autovision, hall 1 B ICE-BSD City, Selasa (25/8/2015).

Gesang mengatakan, tingkat Lumens (keterangan) HID secara umum lebih tinggi dibanding LED, yaitu dari 6000 hingga 8000 Lumens. Tingkat ini membuat HID lebih mampu menembus hambatan-hambatan pandangan seperti kabut dan hujan.

Harga kedua lampu tersebut juga tidak terlalu jauh, baik yang varian Zenith ataupun Carbon. LED Carbon misalnya, dibanderol dengan harga Rp 1,77 juta untuk tipe single beam dan Rp 1,94 juta untuk tipe Hi/Lo.

Di luar itu, Gesang menambahkan bahwa baik lampu HID atau LED lebih baik dibanding lampu halogen. "Pertama lebih tahan lama, kedua lebih hemat energi," tutupnya.

(rio/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.