Sukses

Mercy, Mobil yang Sering Jadi Andalan Presiden Indonesia

Mobil kepresidenan RI didesain agar meningkatkan wibawa kepala negara.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil bukan hanya sekadar sarana transportasi yang mengantar penggunanya sampai ke lokasi tujuan. Mobil juga menjadi simbol representasi si pengguna.

Meskipun Indonesia bukanlah tergolong negara maju, negara kita begitu memperhatikan masalah mobil keperesidenan. Mobil dinas kepala negara memiliki kombinasi antara fitur keamanan, keselamatan, kemewahan, serta performa yang terbaik.

Fitur yang diusung oleh mobil kepresidenan RI didesain agar meningkatkan wibawa kepala negara sekaligus memberi kenyamanan dan keamanan selama melakukan kegiatan dinas. Oleh karena itu, mobil-mobil ini dipesan secara khusus kepada pabrikan otomotif dengan spesifikasi keamanan yang eksklusif.

Dalam memilih merek, Indonesia begitu mempercayakan pembuatan mobil kepresidenan kepada raksasa otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz. Hampir seluruh mobil kepresidenan RI bermerek Mercedes-Benz. Mulai dari presiden pertama hingga saat ini, mobil berlogo Three Pointed Stars tersebut dipercaya menjadi tunggangan utama sang RI 1.

Berikut ini deretan mobil yang pernah dan masih menjadi andalan presiden Indonesia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

1. Soekarno

Dalam masa pergolakan mempertahankan kemerdekaan, Soekarno menggunakan beberapa merek untuk menunjang aktivitas kepresidenan baik di dalam maupun luar negeri.

Tercatat, presiden sekaligus proklamator RI ini pernah menggunakan enam merek berbeda selama menjabat. Merek-merek yang pernah dipakai jadi mobil dinas antara lain Chrysler, ZIL, Buick, Cadillac, DeSoto, hingga Mercedes Benz. Untuk merek yang terakhir tersebut digunakan oleh Soekarno saat menghadiri Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama pada 1955 di Bandung.

Mercedes Benz dengan tipe 600 ini berplat DAA-3. Sedan saloon ini diproduksi massal selama 17 tahun.

Mercedes Benz 600 dipersenjatai mesin 6,3-liter V8 dengan output 250 Tk dan torsi puncak 500 Nm. Sedan ini adalah kendaraan yang sangat cepat di masanya dengan kecepatan maksimum hingga 204,8 km/jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

2. Soeharto

Presiden kedua RI, Soeharto, hanya mengandalkan satu merek untuk mobil dinas kepresidenan. Lagi-lagi, Mercedes-Benz dipercaya membangun mobil dinas bapak pembangunan ini. Di awal masa pemerintahannya, ia masih menggunakan Mercedes-Benz 600 peninggalan Soekarno.

Peremajaan dilakukan pada 1987 dengan mendatangkan Mercedes-Benz 500SEL. Sedan saloon ini digunakan oleh presiden dan wakil presiden. Bedanya, mobil yang digunakan oleh Soeharto pada saat ini adalah varian limousine dengan enam pintu dan untuk wapres adalah varian sedan empat pintu.

Mobil ini digunakan oleh Soeharto hingga 1994. Mobil ini dibangun dengan standar tinggi khusus pemimpin negara dengan peranti keamanan tertinggi.

Konon, spesifikasi keamanan pada limousine presiden yang murah senyum ini setara dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. 500SEL dilengkapi kaca anti peluru setebal tiga inci dan lapis baja yang tahan terhadap serangan peluru, mortir dan ledakan.

Tak luput, ban high safety wheels buatan Michelin ikut digunakan pada mobil kepresidenan. Si karet bundar memiliki ketebalan beberapa inci yang memiliki spesifikasi anti peluru dan tahan ledakan ranjau darat.

Mercedes Benz 500SEL didukung mesin V8 berkode M117.963 dengan kapasitas 5,0 liter. Sedan ini mampu digeber hingga kecepatan maksimal 220 km/jam.

Mobil ini pensiun bertugas pada 1994 dan digantikan oleh Mercedes Benz S600. Mobil kepresidenan ini hadir hanya dalam varian sedan saloon empat pintu biasa.

3 dari 3 halaman

Next

3. Habibie, Abdurrahman Wachid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Usia pakai Mercedes-Benz S600 yang didatangkan pada 1994 ini cukup lama, bahkan digunakan oleh empat presiden penerus tahta Soeharto. Sementara itu, Mercedes-Benz 500SEL digunakan sebagai mobil cadangan.

Meskipun sebatas sedan saloon, spesifikasi keamanan yang diusung S600 tetap sama mumpuni seperti 500SEL pendahulunya.

Untuk jantung mekanis, sedan ini mengusung mesin berkode W140 V12 berkapasitas 6,0 liter. Daya maksimal yang mampu disemburkan mencapai 400 Tk.

Seiring kebutuhan, mobil ini juga terus mengalami peningkatan fitur antara lain Electronic Stability Program, suspensi udara, dan kursi ortopedik untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Mobil ini berhenti berdinas pada 2009.

4. SBY dan Joko Widodo

Pada 2008, Indonesia kembali melakukan peremajaan armada kepresidenan. Kali ini, Mercedes-Benz S600L Pullman Guard Limousine dipercaya menjadi kendaraan pengantar orang nomor satu di Indonesia dan mulai digunakan sejak era pemerintahan SBY yang ke-2. Mobil ini digunakan juga hingga presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo.

Dijelaskan, S600L memiliki sertifikasi keamanan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi. Peranti keamanan yang diusung mampu menahan tembakan dari senapan standar militer hingga serpihan ledakan bom.

Di balik kapnya, tersimpan mesin 12 silinder Biturbo yang sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 517 Tk. Mobil ini memiliki bobot hingga 4.200 kg.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini