Sukses

First Ride All New Honda CB150R StreetFire Lebih Ringan dan Gesit

AHM memberikan kesempatan kepada Liputan6.com untuk menjajal performa All New Honda CB150R StreetFire di sebuah trek dadakan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini telah meluncurkan produk terbaru, All New Honda CB150R StreetFire. Usai melakukan prosesi peluncuran, AHM memberikan kesempatan kepada awak media untuk menjajal performa produk barunya di sebuah trek dadakan yang dibuat di area parkir JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sebelum lebih jauh mengulas performa ataupun handling motor berbanderol Rp 25,4 juta ini. Tidak ada salahnya untuk mengulas tampilannya yang kini jauh lebih sporty dan gagah. Setidaknya ada 13 bagian yang menjadi fokus ubahan Honda pada model ini.

Honda CB150R siap menggempur pasar nasional dengan tampilan baru.

 

Selain desain lampu yang berubah, all new Cb150R telah menggunakan LED baik untuk lampu depan, belakang ataupun sen. Panelmeter mengadopsi model full digital yang bisa menampilkan informasi seperti kecepatan, putaran mesin, jam digital dan trip meter.

CB150R terbaru juga mengaplikasi fitur New Auto Secure Key Shutter yang menjadikan motor ini lebih aman dengan sistem penguncian berpenutup magnet, yang otomatis menutup saat stang dikunci.

Lalu ubahan lainnya seperti desain tutup tangki, behel belakang, spakbor belakang yang bisa dilepas, radiator dengan kipas elektronik yang otomatis menyala di suhu 103 derajat celcius, dan knalpot poligonal dengan sistem slip–on dilengkapi penutup aluminium tampil lebih agresif dan fungsional.

All new Honda CB150R terasa lebih ringan dibanding pendahulunya. Selain tampilannya yang lebih sporty, CB150R nampak gagah karena menggunakan ban dengan ukuran lebih besar. (Foto: Wawa)

Handling dan Performa

Saat pertama kali duduk di atas motor ini rasanya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya karena memiliki segitiga ergonomi yang baik. All new CB150R tetap menawarkan posisi berkendara yang nyaman dengan kondisi badan sedikit merunduk. Dengan tinggi badan 175 cm, kaki dapat menjangkau aspal dengan mudah.

Namun ada yang berbeda saat memainkan tuas kopling karena pada model baru ini terasa lebih empuk. Jadi saat motor ini dipakai di jalur perkotaan yang macet tentunya ini bisa mengurangi beban jemari tangan kiri.

Dalam sesi tes ini, trek lurus yang tersedia cukup terbatas. Panjangnya diperkirakan kurang dari 100 meter. Dengan melakukan shifting cepat dari gigi satu hingga empat, kecepatan yang dapat direngkuh hanya mencapai 80 km/jam.

All new Honda CB150R terasa lebih ringan dibanding pendahulunya. Selain tampilannya yang lebih sporty, CB150R nampak gagah karena menggunakan ban dengan ukuran lebih besar. (Foto: Wawa)

Tenaga pada putaran bawah hingga menenggah terasa galak dan terus terisi. Itu artinya, mesin dengan kubikasi 149,16 cc yang mampu menghasilkan tenaga 16,7 Tk dengan torsi puncak 13,8 Nm ini terbukti responsif.

Saat motor melesat dengan cepat, sistem pengereman berkerja dengan baik ketika diaktifkan. Dengan ukuran cakram depan yang kini lebih lebar yakni 276 mm, ini sangat membantu dalam mengurangi laju motor saat akan menyapa tikungan di depan.

Motor dengan bobot kosong 136 kg itupun dapat dikendalikan dengan mudah saat melibas tikungan. Ukuran velg new CB150R kini lebih besar, yakni 2,50x17 dan 3,50x17 yang dibalut ban 110/80-17 di depan dan 130/70-17 di belakang.

All new Honda CB150R terasa lebih ringan dibanding pendahulunya. Selain tampilannya yang lebih sporty, CB150R nampak gagah karena menggunakan ban dengan ukuran lebih besar. (Foto: Wawa)

 

Hal ini tidak hanya membuat tongkrongan CB150R menjadi lebih gagah tetapi juga meningkatkan rasa kepercayaan diri saat menikung. Dengan tapak ban lebih lebar, cengkraman si karet bundar pada aspal menjadi lebih menggigit.

Selain itu, dengan adanya penyangga mesin dari bahan aluminium pada rangka teralis membuat tingkat kestabilan motor ini menjadi lebih baik sehingga begitu lincah saat diajak bermanuver.

Jika disimpulkan, all new CB150R StreetFire ini terasa lebih ringan dan lincah.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini