Sukses

Lima Hal Ini Bikin Mudik Pakai Mobil Pribadi Aman dan Nyaman

Berikut tips #axicnyamudik yang diterima oleh Liputan6.com:

Liputan6.com, Jakarta - Dua hari sebelum hari raya Idul Fitri, arus mudik semakin meningkat dan diperkirakan mencapai puncaknya pada H-1. Menurut prediksi, lebih dari empat juta kendaraan digunakan para pemudik menuju kampung halamannya masing-masing.

Nah, komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) tak mau ketinggalan turut berpartisipasi dalam membantu kelancaran mudik tahun ini. Caranya dengan membuat tips mudik ala AXIC. Apalagi banyak anggota dari klub dengan jumlah ID lebih dari 4.350 ID ini juga melakukan mudik bersama.

Berikut tips #axicnyamudik yang diterima oleh Liputan6.com:

Kondisi kendaraan

Periksa kondisi kendaraan Anda sebelum melakukan mudik. Karena mudik biasanya menempuh perjalanan jauh dan lama, sangat disarankan kendaraan diservis untuk menghindari masalah kendaraan di jalan. Lalu simpan pula nomor-nomor penting bengkel siaga selama perjalanan untuk jaga-jaga.

Rute mudik

Tentukan dan pastikan rute perjalanan mudik Anda, seperti lewat jalur pantura atau tol baru Cipali. Cari informasi terkini dari jalur pilihan tersebut, terutama buntu mengetahui daerah/kota mana saja yang Anda lewati terjadi kemacetan. Dan siapkan pula jalur alternatif jika memang kemacetan yang dialami tiada tara.

Stamina

Jaga kondisi fisik ketika berkendara. Praktekkan prinsip Smart driving atau cerdas berkendara dan tak perlu kebut-kebutan. Patuhi segala rambu-rabu lalu lintas dana marka jalan demi keselamatan bersama. Untuk anggota AXIC, ada empat pilar smart driving yang harus ditegakkan para anggotanya, yakni antibahu jalan tol, seat belt for all, no texting while driving, dan no hazard, just for emergency only.

Barang-barang

Jangan memaksa semua barang masuk ke dalam kendaraan. Cukup bawa barang-barang yang demang diperlukan saja saat mudah. Penting memastikan kendaraan bisa melaju sesuai kapasitas/kemampuannya.

Balita

Jika membawa balita saat mudik, persiapan kantung untuk berjaga-jaga set balita anda masuk darat. Buatlah kondisi nyaman di dalam kendaraan seperti menambah bantal dan selimut. Siapkan pula mainan atau lagu dan video yang pas agar balita tidak merasa bosan selama mudik.

Jadi, selamat mudik. Selamat di perjalanan, happy di kampung halaman ya.

(msu/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini