Mudik Bawa Kendaraan, Wajib Sedia Kotak P3K

Oleh Yongki Sanjaya pada 15 Jul 2015, 05:05 WIB
Diperbarui 15 Jul 2015, 05:05 WIB
Mudik Pakai Mobil, Wajib Sedia Kotak P3K
Perbesar
Foto: http://www.scion.com/

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jarak jauh, terutama dengan mobil pribadi harus membawa berbagai perlengkapan pendukung yang didalamnya termasuk obat-obatan. Adapun kelengkapan yang wajib ada di dalam mobil adalah peralatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Perlengkapan P3K ini harus selalu ada untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan di jalan. Selain itu, perlengkapan ini juga dapat berfungsi sebagai kotak obat yang menyediakan obat cadangan yang diperlukan di jalan dalam upaya pemulihan kesehatan.

Ketersediaan kotak P3K di dalam mobil menjadi salah satu perlengkapan yang penting. Peristiwa darurat yang menyangkut keselamatan pengemudi maupun penumpang saat dalam perjalanan dapat diatasi dengan obat-obatan yang tersedia dalam kotak P3K.

Seperti apa semestinya kotak P3K dalam mobil? Berikut ini uraian singkatnya:

-Posisikan perlengkapan P3K di lokasi yang mudah dilihat dan mudah dijangkau di dalam mobil.

- Perlengkapan P3K sebaiknya ditempatkan di kotak khusus atau wadah bertutup kuat namun mudah dibuka-tutup dengan tulisan P3K atau simbol palang merah.

- Lengkapi perlengkapan P3K dengan plester luka, perban atau kain kasa, kapas, alkohol 70% untuk membersihkan luka, obat merah atau antiseptik untuk luka, balsem/minyak angin/minyak kayu putih, obat bebas penghilang rasa sakit (analgesik), obat antialergi (antihistamin), obat anti mual, obat antidiare, gunting kecil, dan pinset.

- Cek kotak P3K secara rutin setiap tiga bulan sekali. Saat pengecekan, sebaiknya ganti obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau rusak dengan yang baru.

- Jangan lupa menyimpan nomor telepon paramedis atau rumah sakit baik dalam ponsel ataupun di kotak P3K sehingga dapat dengan mudah dihubungi ketika Anda membutuhkan bantuan medis.

(ysp/ian)