Sukses

Saatnya Mobil Asia yang Kena Recall Massal?

Persoalan recall bukan hanya terjadi di Amerika Serikat (AS) saja. Salah satu sentra otomotif Asia, India, juga mengalaminya.

Liputan6.com, Delhi - Persoalan penarikan karena masalah tertentu ternyata bukan hanya terjadi di Amerika Serikat (AS) saja. Salah satu sentra otomotif Asia, India, juga sama. Kali ini, mobil yang terkena penarikan adalah Toyota Corolla.

Dilaporkan Autocar India, Toyota telah memutuskan untuk menarik lebih dari 7.000 unit Corolla karena masalah airbag pada penumpang depan. Sama seperti di AS, penyedia airbag ini adalah Takata Cors yang bermasalah.

Penarikan efektif untuk Corolla yang diproduksi antara April 2007 dan Juli 2008. Adapun penarikan ini adalah penarikan ketiga sepanjang 12 bulan terakhir. Awal tahun ini, recall diberikan untuk Corolla yang diproduksi pada Juli 2003 sampai Maret 2007.

"Sebagai perluasan kampanye layanan, kita umumkan layanan khusus untuk perbaikan airbag penumpang depan untuk Corolla yang diproduksi selama April 2007 sampai Juni 2008," kata juru bicara Toyota.

Sebelumnya, pabrikan memutuskan untuk menarik 6.000an Corolla bermesin diesel yang diproduksi antara Juni 2010 hingga Mei 2011 karena masalah oli mesin.

Sebagaimana diketahui, Toyota bukanlah satu-satunya pabrikan yang menarik kendaraannya karena masalah airbag Takata. Sesama pabrikan Jepang seperti Honda dan Nissan pun serupa. Bahkan, insiden ini berpotensi cetak sejarah sebagai penarikan kendaraan bermotor terbesar yang pernah ada.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.