Perhatikan Hal Ini saat Meninggalkan Mobil di Rumah Pas Mudik

Oleh Yongki Sanjaya pada 14 Jul 2015, 03:33 WIB
Diperbarui 14 Jul 2015, 03:33 WIB
Perhatikan Hal Ini saat Meninggalkan Mobil di Rumah Pas Mudik
Perbesar
Foto: rumahdijual.com

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Para perantau di kota-kota besar Indonesia mulai beranjak ke kampung halaman.

Namun begitu, tidak semua perantau pergi mudik menggunakan kendaraan pribadi yang mereka miliki. Sebagian diantaranya meninggalkan mobil dirumah dan mudik menggunakan sarana transportasi umum.

Bagi Anda yang berencana meninggalkan mobil cukup lama, sebaiknya pastikan kondisi kendaraan tidak bermasalah dan seluruh komponennya berfungsi normal. Hal ini bertujuan agar Anda tetap tenang saat meninggalkan mobil selama berlibur di kampung halaman dan dapat langsung menggunakan mobil tanpa kendala ketika kembali.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan pemilik saat akan meninggalkan mobilnya:

1. Bersihkan interior dan eksterior

Sebelum ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama sebaiknya bersihkan dahulu interior dan eksterior mobil. Tujuannya agar saat ditinggalkan tidak muncul jamur atau bau tidak sedap pada kabin mobil.

Caranya, cuci dan keringkan bodi serta bagian dalam mobil. Setelah bersih dan kering dengan sempurna gunakan selimut mobil (car cover) agar mobil tidak kotor karena debu atau kotoran lain.

2. Parkir mobil di ruang tertutup

Kondisikan mobil dengan diparkir di ruang tertutup atau menggunakan atap. Hal ini bertujuan untuk menghindari terpaan sinar matahari dan hujan yang dapat merusak permukaan cat dan menimbulkan karat.

Buka halaman selanjutnya >>>

2 dari 2 halaman

Next

3. Aktifkan alarm mobil

Sebelum meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama maka sebaiknya aktifkan dahulu alarm di mobil. Yang perlu Anda ketahui, efek mengaktifkan alarm terlalu lama dapat menghabiskan tegangan pada baterai/aki.

Untuk itu, sebaiknya Anda juga menyiapkan aki cadangan untuk berjaga-jaga apabila mobil sulit di starter karena kondisi aki sudah lemah.

4. Tidak memasang rem tangan

Meskipun riskan dari sisi keamanan, Anda sebaiknya tetap tidak memasang rem tangan pada mobil yang akan ditinggal dalam waktu lama. Tujuannya agar mobil mudah dievakuasi jika terjadi kondisi darurat seperti kebakaran dan sebagainya.

Untuk itu, cukup posisikan tongkat transmisi pada posisi ā€œPā€ untuk menahan pergerakan mobil saat parkir atau mengganjal ban mobil agar tidak bergerak saat parkir.

(ysp/sts)

Lanjutkan Membaca ↓