Sukses

Ini Peralatan yang Wajib Ada di Mobil saat Mudik

Perlengkapan dalam mobil untuk mengantisipasi ketika dalam kondisi darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun kondisi mobil sudah dipersiapkan dengan sangat matang, bukan berarti menjamin bebas masalah atau kerusakan selama perjalanan. Mobil bisa mengalami masalah yang tidak diinginkan seperti ban kempes tertusuk paku, atau aki lemah akibat lupa mematikan lampu saat memarkir mobil.

Untuk itu, sebaiknya tersedia perlengkapan dalam mobil untuk mengantisipasi ketika dalam kondisi darurat. Pastikan peralatan darurat berikut ini selalu tersedia di dalam mobil dan mudah dijangkau.

Berikut ini peralatan darurat yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan jauh:

1. Lampu senter

Perangkat ini sangat berguna di malam hari. Lampu senter tidak hanya digunakan dalam kondisi darurat tetapi juga saat Anda harus mencari sesuatu di sudut kabin atau kolong tempat duduk yang gelap.

Pilihlah senter yang menggunakan lampu LED karena sinarnya lebih terang dan lebih hemat energi. Saat ini juga sudah banyak tersedia lampu senter berukuran kecil dengan baterai yang bisa diisi ulang.

2. Pisau lipat serba guna

Peralatan seperti pisau lipat serba guna didalamnya telah dilengkapi fungsi pemotong, obeng atau tang kecil. Alat-alat ini sangat membantu untuk perbaikan ringan.

3. Dongkrak dan kunci roda

Kedua alat ini harus selalu tersedia di mobil. Tujuannya, agar Anda dapat dengan mudah melakukan penggantian dengan ban cadangan  saat mengalami ban kempes.

4. Alat pemadam api

Alat ini wajib dibawa sebagai antisipasi jika muncul percikan api pada mobil. Anda tidak perlu membawa dalam ukuran besar, tetapi cukup yang berukuran kecil untuk memadamkan percikan api yang muncul akibat hubungan singkat pada sistem kelistrikan mobil. Dengan peralatan darurat yang selalu tersedia, antisipasi akan mudah dilakukan dan berkendara pun menjadi lebih tenang.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini