Ini Cara Packing Barang yang Efektif di Mobil

Oleh Yongki Sanjaya pada 12 Jul 2015, 13:19 WIB
Diperbarui 12 Jul 2015, 13:19 WIB
Pulang Kampung Pakai Mobil? Ikuti Tips Mudik Berikut Biar Aman
Perbesar
Begini tips mudik yang aman dan nyaman jika berkendara menggunkan mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Para perantau di kota-kota besar sudah mulai mempersiapkan diri untuk mudik lebaran.

Setelah melakukan persiapan fisik dan kendaraan, kini pemudik akan disibukkan dengan penataan barang di mobil. Penataan barang-barang bawaan ini bertujuan untuk kenyamanan, keamanan dan bahkan keselamatan berkendara.

Agar mudah saat menata bagasi sebelum perjalanan, berikut ini kiat mengemas barang yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Prioritas barang

Perjalanan dengan jarak tempuh yang panjang dengan waktu yang cukup lama tentu membutuhkan beberapa barang penunjang yang suatu saat akan digunakan dalam kondisi darurat. Untuk itu, pastikan barang-barang penting berada paling atas.

Benda-benda penting termasuk untuk kondisi darurat seperti kotak obat-obatan, senter, payung, baju hangat, tools kit, bahkan makanan dan minuman pada tempat yang mudah dijangkau.

2. Susun barang bawaan

Perjalanan jauh melintasi berbagai medan berpotensi membuat barang-barang bawaan jadi berantakan karena terguncang. Untuk itu, susun barang bawaan dengan rapi dan padat serta bila perlu gunakan cargo net agar barang bawaan tetap pada tempatnya walau terguncang sekalipun.

3. Jangan menumpuk banyak barang di atap

Membawa banyak barang di atap berpotensi stabilitas mobil sehingga tidak dianjurkan. Jika memang terpaksa membawa barang menggunakan roof rack, pastikan terikat kencang dan tertutup rapat.

(ysp/ian)