Sukses

Mudik Naik Motor Bawa Barang Banyak? Ini yang Perlu Diperhatikan

Membawa muatan dalam jumlah yang banyak akan menggangu stabilitas berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran telah menjadi tradisi tahunan di Indonesia. Tak heran, jutaan orang berbondong-bondong kembali ke kampung halaman untuk sekadar bersilaturahmi dengan sanak saudara. Berbagai moda transportasi jadi pilihan, salah satunya sepeda motor. 

Meski sudah banyak pihak yang menyediakan layanan mudik gratis, sepeda motor nyatanya masih jadi pilihan yang ideal bagi sebagian mudik karena biayanya yang relatif lebih murah. 

Sayangnya, pemudik dengan sepeda motor acapkali masih mengabaikan aspek keselamatan. Masih banyak dijumpai, sepeda motor mengangkut lebih dari dua orang penumpang. Parahnya lagi, mereka pun tak luput membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas normal. 

Penggagas Rifat Drive Labs (RDL), yang merupakan konsultan keselamatan berkendara yang beroperasi di bawah PT Saran Aman Berkendara, Rifat Sungkar, muatan berlebih pada sepeda motor dapat menggangu stabilitas selama berkendara. 

"Makin panjang dan tinggi kendaraan, pasti handling-nya kacau karena titik beratnya bergeser ada di atas atau di belakang," jelasnya kepada Liputan6.com. 

Nah, bila terpaksa membawa bawaan yang berlebih, pembalap ini menyarankan pengendara untuk tetap menjaga fokus dan memperhatikan teknik khusus. 

"Kalau biasanya (tanpa barang bawaan tambahan) merasa belok sekarang itu cukup sebaiknya jangan. Jadi, beloknya dua detik kemudian, itu treatment-nya," kata Rifat. 

(ysp/gst)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini