Sukses

Suzuki Swift Punya Varian Hibrida, Konsumsi BBM 48,2 Km/liter

Hadir melalui Swift Range Extender, Suzuki mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 48,2 km/liter.

Liputan6.com, New Delhi - Pabrikan mobil nampaknya mulai gencar mengembangkan produk yang lebih ramah lingkungan. Kini, Suzuki dilaporkan akan menyediakan varian hibrida pada model Swift dalam waktu dekat.

Hadir melalui Swift Range Extender, Suzuki mengklaim bahwa konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 48,2 km/liter.

Memang, upaya Suzuki menetaskan model hibrida tak terlepas untuk mendukung FAME (Faster Adoption and Manufacturing of Electric) yang diinisiasi oleh pemerintah India tahun ini. 

Selain Maruti-Suzuki, pabrikan lain, seperti Tata dan Mahindra turut mendukungnya dengan melepas model hibrida atau listrik.

Swift Range Extender dipamerkan perdana di India pada Auto Expo 2014, kemudian menyusul di International Green Mobility Expo pada Februari tahun ini.

Adapun, mobil ini punya mesin bensin tiga silinder 658 cc dan sebuah motor listrik. Untuk tenaganya 73 Tk dan hanya memerlukan 1 liter bensin untuk jarak 48,2 km. Sementara dengan hanya menggunakan motor listrik, bisa menempuh 25,5 km.

Dikatakan, sejumlah komponen Swift Range Extender termasuk mesin masih disuplai dari fasilitas Suzuki Jepang. Praktis membuat harganya lebih mahal. Tapi, dengan program FAME, pemerintah memberikan insentif sebesar 13 ribu - 124 ribu rupe.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini