Sukses

Empat Aksesori Mobil Tambahan Ini Bikin Mudik Makin Nyaman

Mobil untuk mudik perlu dipersiapkan dengan baik, salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa aksesori.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan mobil pribadi adalah salah satu opsi yang sering digunakan masyarakat perkotaan untuk mudik di Hari Raya Lebaran. Salah satu kelebihan menggunakan moda transportasi ini adalah kemudahan.

Sebelum menempuh perjalanan panjang menuju kampung, ada baiknya kondisi mobil diperiksa terlebih dulu, kalau perlu ganti beberapa bagiannya. Hal ini berguna agar tidak ada gangguan apapun pada mobil sepanjang perjalanan.

Selain itu, mobil juga perlu dilengkapi dengan beberapa aksesori pendukung. Beberapa aksesori ini memiliki kegunaannya masing-masing, misalnya, untuk menampung barang bawaan yang cukup banyak dan akan merepotkan jika ditaruh di dalam kabin.

- Fog lamp

Perjalanan mudik biasanya cukup jauh, termasuk tetap berkendara di malam hari. Nah, untuk itu, aksesori tambahan pertama yang dapat dipasangkan pada mobil adalah foglamp atau lampu kabut. Tentu, ini berlaku bagi mobil yang memang belum dipasangkan foglamp, misalnya Avanza dan Xenia.

Fungsi utama foglamp adalah untuk menambah daya pengelihatan saat hujan atau cuaca berkabut. Selain itu, foglamp juga dapat mempercantik tampilan mobil Anda.

Sebagai informasi, biasanya pabrikan tidak melengkapi mobil baru dengan foglamp, tetapi menyediakan slot khusus untuk itu. Slot tersebut berguna saat pengemudi memasangkan foglamp karena tidak perlu lagi memodifikasi bumper.

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Roof rack dan roof box

Aksesori tambahan kedua yang dapat Anda pasangkan pada mobil adalah roof rack atau roof box. Roof rack adalah kerangka plastik atau aluminium yang dipasangkan di atap mobil, sementara roof box adalah kotak yang dipasangkan juga di atap mobil.

Kedua aksesori tambahan berguna untuk menampung barang bawaan. Tentu, aksesori ini akan sangat berguna untuk mudik, mengingat biasanya barang bawaan yang dibawa selalu banyak dan tidak muat jika ditaruh di kabin penumpang.

Body cover

Kemudian, aksesori lainnya yang dapat Anda gunakan adalah body cover atau selimut penutup mobil. Fungsi dari aksesori ini adalah untuk melindungi kendaraan dari kemungkinan kerusakan pada permukaan kendaraan karena hujan atau sinar matahari.

Tentu, aksesori ini sangat bermanfaat saat Anda telah sampai ke kampung halaman, terutama bagi mereka yang rumahnya tidak menyediakan garasi sehingga mobil harus disimpan di luar ruangan.

Sarung jok

Aksesori ini berguna bagi Anda yang membawa balita saat mudik. Sebagaimana balita pada umumnya, mereka tidak akan segan-segan untuk ngompol saat di perjalanan. Air seni yang merembes ke jok tentu akan mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Karena itu, ada baiknya jika jok dilapisi oleh sarung yang tahan air. Selain untuk mengantisipasi ngompol, ini juga berguna jika Anda tidak sengaja menumpahkan air minum saat di perjalanan. Jadi, persiapkan mudik Anda secara matang, ya! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.