Sukses

Mesin BMW i8 Jadi yang Terbaik di Dunia

Powertrain plug-in hibrida milik BMW i8 berhasil menjadi mesin terbaik.

Liputan6.com, London - Powertrain plug-in hibrida milik BMW i8 berhasil menjadi mesin terbaik dalam penghargaan International Engine of the Year yang diberikan oleh Engine Technology International asal Inggris.

Sebagaimana diketahui, powertrain i8 1,5 liter tiga silinder turbocharged dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Dilengkapi dengan motor listrik tunggal, mobil ini mampu hasilkan tenaga hingga 362 Tk serta mampu berakselarasi dari titik 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 4,4 detik.

Dilaporkan Motorauthority, Jumat (19/6/2015), i8 powertrain diberikan 274 poin oleh juri dengan pertimbangan kinerja yang andal, bahan bakar ekonomis, serta emisi yang rendah. Dewan juri sendiri terdiri dari 65 wartawan otomotif dari 31 negara.

Menyusul di bawah i8 powertrain, terdapat mesin turbocharged 1,0 liter EcoBoost tiga silinder produksi Ford Motor Company. Selain itu, terdapat pula kategori-kategori penghargaan lain yang diberikan, misalnya kategori mesin dengan performa tertinggi.

Pada kategori ini, pemenangnya adalah mesin V8 4,5 liter milik Ferrari. Mesin ini disematkan pada Ferrari 458 Italia dan 458 Speciale. Sayangnya, mesin V8 itu tidak akan lagi diproduksi Ferrari karena alasan penyegaran.

Untuk mesin dengan kategori antara 2,0 hingga 2,5 liter, dimenangkan oleh mesin 2,5 liter milik Audi. Sementara pada mesin antara 3,0 hingga 4,0 liter dimenangkan oleh mesin twin turbocharged 3,8 liter milik McLaren.

Ada pula kategori mesin paling ramah lingkungan. Pada kategori ini, motor listrik bertenaga baterai milik Tesla jadi juaranya.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini