Sukses

Saingi Google, Baidu dan BMW Garap Mobil Otonomos

Korporasi teknologi asal Tiongkok, Baidu, bekerja sama dengan BMW membangun mobil otonomos.

Liputan6.com, Beijing - Korporasi teknologi asal Tiongkok, Baidu, bekerja sama dengan BMW untuk menandingi Google yang telah lebih dulu membangun mobil otonomos.

Dilaporkan Motor Authority, Selasa (16/6/2015), Baidu bersama BMW siap untuk merilis prototipe mobil otonomos tersebut pada akhir 2015 nanti. Adapun kerja sama antara Baidu dan pabrikan mobil mewah asal Jerman tersebut telah terjalin sejak 2014 lalu.

Meskipun sama-sama mengembangkan mobil otonomos, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Jika mobil otonomos Google dibuat untuk sama sekali menghilangkan unsur manusia, maka mobil otonomos Baidu masih menggunakan kontrol manusia.

Apa yang Baidu kembangkan adalah teknologi yang mampu mempermudah dan membantu pengendara dalam mengontrol mobilnya. Menurut Baidu, ini justru akan lebih membantu agar mobil otonomos bisa diproduksi massal lebih cepat.

Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh sumber daya Baidu yang tidak sebesar Google yang telah berinvestasi besar-besaran untuk meneliti tentang kecerdasan buatan. Untuk proyek ini, Baidu menginvestasikan uang sebesar US$ 10 juta.

Sementara BMW, sampai saat ini telah memiliki beberapa teknologi yang signifikan untuk membangun mobil otonomos. Misalnya, fitur self-driving, adaptive cruise control, monitoring speed limit, dan lane assist. Beberapa teknologi tersebut kemungkinan besar akan diadaptasi oleh mobil otonomos.

(rio/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini