Sukses

Kehebatan ala Mesin Mobil Tiga Silinder

Mesin tiga silinder di Indonesia kebanyakan terdapat pada mobil berkapasitas 1,0 liter.

Liputan6.com, Jakarta - Tuntutan menghadirkan kendaraan yang irit BBM memaksa pabrikan memutar otak untuk menciptakan mesin baru. Maka dari itu, tercetuslah ide menciptakan mobil yang dipersenjatai mesin tiga silinder.

Penggunaan mesin tiga silinder di Indonesia kebanyakan terdapat pada mobil berkapasitas 1,0 liter, beberapa diantaranya bermain di segmen LCGC. Meskipun kurang lazim, mesin dengan silinder ganjil ini memiliki berbagai keunggulan tersendiri jika dibandingkan mesin bersilinder genap.

Keunggulan pertama yang ditawarkan mesin tiga silinder adalah dimensinya yang kompak. Efeknya, ruang yang dibutuhkan pun tidak besar. Ruang yang tersisa pada kompartemen mesin dapat dimanfaatkan untuk meredam efek benturan saat terjadi insiden.

Selain itu, karena jumlah silinder yang digunakan lebih sedikit, maka bobotnya pun lebih ringan ketimbang mesin empat silinder. Biaya produksi mesin pun bisa ditekan karena material yang digunakan untuk membangun mesin lebih sedikit.

Dari sisi teknis, mesin dengan tiga silinder tentu hanya membutuhkan semprotan bensin ke ruang bakar yang lebih sedikit ketimbang mesin empat silinder. Akibatnya, konsumsi BBM dapat ditekan terutama saat mobil dalam kondisi idle.

Keunggulan lainnya dari sisi teknis yaitu torsi bawah yang buas karena kapasitas tiap silindernya yang lebih besar. Namun begitu, efek sampingnya yaitu pada torsi atas yang kurang nendang.

(ysp/ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.