Sukses

Celerio, Brio, Etios, Sirion, Mirage, dan March, Bagus Mana?

Berikut Liputan6.com berikan komparasi dari aspek mesin serta fitur keselamatan serta keamanan dan tentunya harga:

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang diniagakan di Indonesia kian beragam. Konsumen bebas memilih. Bagi yang tengah melakukan perhitungan untuk memboyong city car dengan kapasitas maksimum 1,2 liter, opsinya kini semakin banyak.

Ya, di luar mobil low cost green car (LCGC) setidaknya ada lima model, yakni Brio, Etios Valco, Mirage, dan March. Bahkan belum lama ini, Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya produk yang menarik. Mereka coba menggangu penjualan city car mesin 1,2 liter dengan melepas Celerio yang notabene punya dapur pacu 1,0 liter.

Tentu, makin kecil kapasitas mesin punya kans yang lebih tinggi untuk menekan konsumsi bahan bakar. Terlebih bila Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta yang harus bergelut dengan kemacetan di mana-mana.

Karena itu, agar Anda kian cermat dalam membeli mobil, berikut Liputan6.com berikan komparasi dari aspek mesin, fitur keselamatan serta keamanan dan tentunya harga:

1. Celerio

Pasca memperkenalkan Suzuki Karimun Wagon R AGS, Suzuki Indonesia punya senjata lain untuk bermain di kelas city car, Celerio. Mobil yang dikembangkan di India ini memang sukses menyita perhatian.

Dari sisi spesifikasi mesin, mobil ini pastinya tak bisa disandingkan dengan rivalnya yang menggendong mesin 1,2 liter. Tapi untuk harga, Celerio bisa dikatakan menggangu lawan-lawannya.

Celerio menggunakan mesin K10B tiga silinder, DOHC berkapasitas 998 cc. Di atas kertas, mobil ini mampu memproduksi tenaga 66 Tk pada 6.000 rpm dan ditawarkan dengan dua opsi transmisi, otomatis dan manual.

Menyoal fitur, Celerio didukung 3-point ELR seatbelts pada kursi depan dan 3-point ELR seatbelts x 2, 2-point seatbelt for centre seat. Ada pula dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan serta rem ABS.

Di sektor keamanan, Suzuki menyematkan fitur keyless entry, security alarm dan immobilizer.

Adapun, Celerio tersedia dalam empat pilihan warna; Sunshine Yellow Pearl Metallic 2, Snow White Pearl 2, Star Silver Metallic 2, dan Super Black Pearl 2. Harganya Rp 146 juta untuk transmisi manual dan Rp 158 juta untuk CVT. Kedua harga ini berstatus on the road Jabodetabek.

2. Brio 1,2 E AT

Beda dengan Celerio, Brio punya mesin 1,2 liter, SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup. Pabrikan mengklaim, mobil ini bisa memproduksi tenaga 86 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 109 Nm pada 4.500 rpm. Sistrem transmisi yang dipasangkan adalah CVT.

(Foto: Honda)

Mobil dengan dimesin panjang 3.610 mm x 1.680 mm x 1.485 mm ini didukung SRS Airbag dan i-SRS Airbag, 3-points ELR seatbelts x 2 di depan, 3-points ELR x2 dan 2-point ELR x 1 di belakang. Untuk tipe Brio AT telah dilengkapi rem ABS+EBD.

Untuk keamanan, Honda Brio 1,2 S AT juga memiliki keyless entry, immobilizer, dan security alarm system. Untuk harga, Brio 1,2 S AT dibanderol Rp 154 juta.

3. Etios Valco

Etios Valco merupakan mobil jagoan Toyota-Astra Motor. Mesinnya berkapasitas 1,2 liter, 4 silinder, 16 katup, DOHC. Mesin dengan seri 3 NR-FE ini memproduksi 78 Tk pada 5.600 rpm dan 103 Nm pada 3.100 Nm.

Toyota kini menyediakan Etios Valco TOM'S untuk memperkuat market share di kelas hatchback.

Untuk mendapatkan fitur keselamatan lengkap, Anda harus memiliki Etios Valco tipe G. Di mana, mobil memiliki SRS airbag pada pengemudi dan penumpang, 3-points ELR seatbelts x 2 di depan, 3-points ELR x2 dan 2-point ELR x 1 di belakang, serta rem ABS+EBD.

Untuk harganya Etios Valco tipe G dipatok Rp 171,1 juta.

4. Sirion

Astra Daihatsu Motor (ADM) membekali Sirion dengan mesin K3-VE, DOHC VVT-i. Mobil ini memiliki kapasitas 1,2 liter, 4 silinder. Tenaga yang dihasilkan mesinnya sebesar 88 Tk dan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm.

Sirion terbaru bakal hadir dengan beberapa perubahan baik pada eksterior maupun fitur.

Untuk fitur keselamatannya, Sirion memiliki dual SRS airbag, seatbelt depan dengan pretensioner dan force limiter, 3 points rear seatblet, collapsible steering column, brake pedal assist, kursi ISOFX, dan immobilizer dengan alarm.

Menyoal harga, Daihatsu menyediakan Sirion dalam dua varian, AT Rp 166,825 juta dan MT Rp 155,825 juta.

5. Mirage Exceed

Mirage dipasarkan di Indonesia melalui Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Mobil berkonfigurasi lima kursi penumpang ini menggendong mesin 1,2 liter, 12 katup, tiga silinder, DOHC, yang mampu menyemburkan tenaga 75 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm.

Awak Liputan6.com merasakan langsung bagaimana impresi menunggangi New Mirage Sport yang dibuat khusus untuk menyasar anak muda.

Untuk fitur keamanan, Mirage yang belum lama ini mendapat penyegaran memiliki dua airbags dan rem ABS dengan EBD (Electonic Brake Distribution). Ada pula fitur keyless operating system termasuk tombol start/stop mesin serta immobilizer.

Untuk harganya, Mitsubishi Mirage dilepas dengan banderol Rp 177 juta.

6. March 1,2 XS AT

Nissan Motor Indonesia (NMI) punya varian yang lengkap, mesin 1,2 liter dan 1,5 liter. Tapi untuk mengimbangi lima model sebelumnya, tipe 1,2 liter XS AT yang paling tepat.

Foto: Istimewa.

Mobil ini mengemas mesin berseri HR12DE 1,2 liter yang memproduksi 74 Tk pada 6.000 rom dan 103 Nm pada 4.000 rpm.

Di sektor keselamatan, mobil punya dual airbags, 3-points ELR seatbelts x 2 di depan, 3-points ELR x2 dan 2-point ELR x 1 di belakang. Untuk keamanannya, Nissan March 1,2 XS AT punya security alarm with shock sensor serta keyless entry.

Nah, menyoal harga Nissan March 1,2 XS AT dibanderol Rp 171,850 juta.

(gst/sts/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini