Sukses

Tiga Kali Keliling Dunia Pakai VW Kodok Klasik

Mengelilingi dunia tiga kali bukan pekerjaan mudah untuk Beetle klasik. Tapi itu dilakukan oleh 'Wolfgang' Paul Loofs.

Liputan6.com, Ottawa - Perjalanan para petualang mengelilingi dunia menggunakan mobil sudah sering kita dengar. Tetapi, jika ada orang yang mengelilingi dunia hingga tiga kali dan 'hanya' menggunakan VW Beetle, mungkin belum banyak yang tahu. 

Ya, mengelilingi dunia tiga kali menggunakan Beetle, atau yang di Indonesia lebih familiar dengan VW Kodok, pernah dilakukan oleh seorang pria bernama 'Wolfgang' Paul Loofs. Ia pertama kali mengelilingi dunia dengan VW Kodok miliknya pada 1958.

Melansir The Globe and Mail pada Senin (25/5/2015), perjalanannya yang pertama dihabiskan di Amerika Latin dan sebagian Eropa. Dalam 196 hari perjalanannya, Loofs menempuh 42 ribu km jalur darat dan 19 ribu jalur laut.

Perjalanan kedua ia tempuh dari Afrika ke Australia dengan jalan yang hampir seluruhnya tidak beraspal. Ia memulai perjalanan kedua pada 1961. Lima tahun berikutnya, ia kembali keliling dunia, kali ini dengan rute Asia dan Eropa.

Secara keseluruhan, Loofs menempuh jarak 186 ribu km dengan mobil yang sama, VW Kodok biru bertenaga 36 Tk lansiran 1955.

Secara keseluruhan, Loofs menempuh jarak 186 ribu km dengan mobil yang sama, VW Kodok biru bertenaga 36 Tk lansiran tahun 1955 (Foto: Fastcompany).

Untuk mengenang perjalanan bersejarah ini, Red Urban selaku APM Volkswagen Kanada membuat film dokumenter dengan bahan dari arsip-asrip yang dimiliki. Film ini akhirnya selesai dan diberi judul Once More: The Story of VIN 903847.

Film yang premier di Discovery Channel dan Bravo ini berisi ratusan foto VW Kodok selama perjalanan di berbagai negara. Film dokumenter tersebut saat ini telah dapat ditonton secara online melalui tautan berikut.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini