Kim Jong-un Belajar Nyetir di Usia 3 Tahun

Oleh Rio Apinino pada 25 Mei 2015, 16:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2015, 16:00 WIB
Kemunculan pertama Kim Jong-un setelah sebulan absen
Perbesar
Kemunculan pertama Kim Jong-un setelah sebulan absen (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah buku teks Korea Utara berjudul Revolutionary Activities mengatakan bahwa Pemimpin Tertinggi mereka, Kim Jong-un, belajar mengemudi saat baru berusia tiga tahun. Buku ini diperuntukkan bagi pelajar menengah dan tinggi.

Melansir Dailymail pada Senin (25/5/2015), buku yang dipublikasikan bulan lalu ini adalah bentuk indoktrinasi agar generasi mendatang patuh pada Pemimpin Tertinggi mereka. Hal yang sama pernah dilakukan ayah dan kakek Kim.

Meskipun begitu, teks lengkap yang menyebutkan hal tersebut tidak dikutip Dailymail. Selain itu, beberapa narasi lain juga melebih-lebihkan --dan bahkan sangat tidak bisa dipercaya-- tentang masa kecil Kim Jong-un.

Misalnya, buku tersebut menyebutkan betapa luar biasanya Kim yang mampu berlayar sendirian pada usia 9 tahun. Buku tersebut juga mengatakan bahwa Kim kecil bisa menggambar dengan sangat baik dan mengaransemen musik.

Kim Jong-un (Telegraph.co.uk)

Menanggapi buku ini, Lee Seok-young, direktur Radio Free Chosun dari Korea Selatan memberikan komentari. Menurutnya, guru-guru di Korea Utara akan sangat kesulitan untuk mengajarkan hal ini di seluruh sekolah.

(rio/gst)

Tag Terkait