Sukses

Mesin Mobil Balap Le Mans untuk Nissan GT-R Baru

Nissan resmi mengumumkan bahwa versi baru GT-R akan memakai mesin yang sama dengan mesin yang mereka tanamkan pada mobil balap LMP1.

Liputan6.com, Jakarta - Nissan mengumumkan bahwa mereka akan menanamkan varian mesin balap untuk model GT-R terbaru. Mesin tersebut adalah mesin V6 3.0-liter twin-turbo yang digunakan pada LMP1, prototipe mobil balap 24 Hours of Le Mans.

"Mesin tersebut akan ditanamkan pada GT-R," kata Ben Bowlby, arsitek perancang prototipe Nissan Le Mans sebagaimana yang dikutip dari TopGear pada Senin (4/5/2015). Menurut Bowlby, dengan mesin direct injection, mobil ini akan sangat menarik.

Bowlby juga menjelaskan bagaimana teknologi balap telah membantu akselarasi pengembangan GT-R. "Ini adalah perkembangan yang sangat penting, sebuah jalan pintas untuk membuat mesin yang efisien dan sangat kuat," tambah Bowlby.

Masih menurut sumber yang sama, prototipe mesin mobil balap ini kemungkinan besar akan diselaraskan dengan pengembangan sistem hibrida. Hal ini diungkapkan oleh CCO Nissan, Shiro Nakamura beberapa waktu yang lalu.

Untuk diketahui, model hibrida Nissan paling anyar adalah X-Trail yang khusus dibuat untuk pasar Jepang. Sedangkan untuk model GT-R terbaru yang akan ditanamkan mesin balap, Nakamura menjanjikan akan tersedia di awal 2018.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini