Ratusan Anak Usia 0-10 tahun di Indonesia Terlibat Kecelakaan

Oleh Yongki Sanjaya pada 01 Mei 2015, 06:27 WIB
Diperbarui 01 Mei 2015, 06:27 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Motor
Perbesar
Ilustrasi Kecelakaan Motor

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara yang mencatatkan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak dengan angka cukup tinggi. Data Polda Metro Jakarta Raya mencatat, sepanjang 2014, sedikitnya 309 anak berusia 0 hingga 10 tahun terlibat kecelakaan lalu lintas.

Sepeda motor masih menjadi penyumbang tertinggi angka kecelakaan yakni sebanyak 56 persen atau 5.036 kejadian dari total 9.002 kejadian. Bahkan, data dari Organisasi Kesehatan Dunia (Word Health Organization/WHO), menyebutkan jika kecelakaan jalan raya pada anak-anak usia 5-14 tahun merupakan penyebab kematian kedua setelah infeksi pernafasan.

Selama ini anak-anak yang mengendarai motor kurang mendapat perlindungan yang baik dan masih terabaikan keselamatannya," ujar ujar Direktur PT Mitra Phinastika Mustika (MPM), Agung Kusumo, Kamis (30/4/2015).

Lebih lanjut, Agung menjelaskan jika MPM Group ingin berkontribusi dalam upaya meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas khususnya yang menimpa anak-anak. Untuk itu, MPM menggandeng Forum Wartawan Otomotif (Forwot) melakukan kegiatan bagi-bagi helm dan masker kepada pengendara sepeda motor.

Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari kegiatan MPM Mengabdi. Selain Selain membagikan helm, MPM juga memberikan voucher cuci helm gratis sebanyak 1.000 voucher yang dibagikan ke konsumen MPM Group.

"Kerjasama dengan MPM merupakan upaya bersama untuk turut mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat, khususnya kepada pengguna sepeda motor," ujar Indra Prabowo, ketua Forwot.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya