Sukses

Asia Pasifik Kuasai Produksi Kendaraan Dunia

Lebih dari setengah produksi kendaraan global tahun 2014 dirakit di Asia Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan terbaru yang dirilis Universitas Windsor, Inggris, menyatakan bahwa lebih dari setengah produksi kendaraan global tahun 2014 dirakit di Asia Pasifik.

Melansir Automotive News, Rabu (8/4/2014), total produksi kendaraan di seluruh dunia tahun lalu mencapai hampir 85,6 juta unit, naik 4,5 persen dari tahun sebelumnya. Artinya, sekitar 43 juta unit kendaraan tahun lalu dirakit di Asia Pasifik.

Raihan ini tidak terlepas dari kontribusi Tiongkok. Negara tersebut telah menjadi tempat perakitan dan penjualan kendaraan baru terbesar di dunia. Meskipun pertumbuhannya melambat, tetapi nilainya tetap positif.

"Tiongkok akan menjadi pusat investasi terkemuka untuk beberapa tahun ke depan," kata Pete Mateja, direktur penelitian kendaraan dan otomotif Universitas Windsor.

Sementara itu, laporan yang sama menunjukkan peringkat Amerika Utara semakin menurun. Produksi di wilayah tersebut diperkirakan akan menurun hingga 19 persen pada tahun 2018. Sedangkan produksi di Asia Pasifik akan meningkat menjadi 52 persen.

Sedangkan produksi di kawasan Eropa pada tahun lalu turun sedikit, yaitu 23,5 persen. Tahun sebelumnya, Eropa memasok 23,8 persen produksi kendaraan di seluruh dunia.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.