Sukses

Cara Hilangkan Bau Rokok Membandel pada Mobil

Berikut adalah cara efektif untuk menghilangkan bau asal rokok membandel pada mobil Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sulit dihentikan termasuk saat mengemudi. Hal ini pada akhirnya membuat bau tidak asap menempel, bahkan tak jarang bau tak sedap membuat jengkel penumpang.

Menghilangkan bau rokok di mobil memang cukup sulit. Sebab, Anda harus menghilangkan bau di dua tempat sekaligus, yaitu pada karpet dan jok, serta yang lebih sulit adalah menghilangkannya pada sistem sirkulasi udara.

Perlu biaya yang tidak sedikit untuk membersihkan sistem sirkulasi udara. Tetapi tenang, dengan cara di bawah ini, Anda dapat menghilangkan bau asap rokok tanpa sisa. Berikut caranya sebagaimana yang dilansir Carsdirect, Senin (16/3/2015).

Langkah pertama

Langkah yang perlu dilakukan pertama-tama adalah menyingkirkan semua sampah dan mengelap interior dengan pembersih. Gunakan vacuum cleaner untuk jok dan karpet hingga tidak tersisa sampah apapun di dalam mobil.

Langkah kedua

Untuk menghilangkan bau asap dari jok, gunakanlah penghilang bau berbahan dasar enzim. Umumnya, penghilang bau ini cukup mahal, tetapi cukup sesuai dengan manfaatnya. Anda tinggal menyemprotkannya di seluruh bagian dalam mobil.

>> Klik halaman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghilangkan asap rokok

Langkah ketiga

Langkah selanjutnya adalah menghilangkan bau pada sistem saluran udara. Untuk itu, Anda memerlukan pengharum ruangan atau penetral bau. Parkirkan mobil Anda di tempat yang berventilasi baik, misalnya di luar ruangan jika memang cuacanya mendukung. Kemudian, nyalakan mesin dengan pintu mobil terbuka.

Langkah keempat

Tahap selanjutnya adalah membersihkan air intake yang berhubungan dengan penyejuk dan pemanas udara. Pada sebagian besar mobil, air intake ada di bawah kaca depan. Anda hanya perlu menyemprotkan pewangi langsung pada sistem. Pewangi tersebut akan menetralisir semua saluran udara yang dilalui asap rokok.

Langkah kelima

Masih melanjutkan tahap keempat, aturlah suhu ke tingkat paling panas. Saat itu, terus semprotkan pewangi ke dalam air intake sampai tidak mencium bau apapun. Dengan udara yang panas, pewangi akan membersihkan ducting, blower, dan inti pemanas.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.