Sukses

Mengenal 4 Klub Motor Tertua di Muka Bumi

Apa saja klub motor tertua di dunia? Kapan mereka didirikan? Berikut ulasannya

Liputan6.com, California - Hobi yang sama dapat membuat sekelompok orang mendirikan klub. Hal ini dilakukan karena melakukan hobi secara berkelompok dianggap lebih mengasyikkan daripada sendirian. Diantara banyak klub hobi, salah satu yang menarik adalah klub motor.

Sejarah klub motor di dunia cukup panjang, dimana beberapa di antaranya telah didirikan lebih dari 100 tahun yang lalu.

Apa saja klub motor tertua di dunia? Kapan mereka didirikan? Berikut ulasannya seperti yang dilansir Ridermagazine, Senin (2/3/2015).

4. Oakland MC, August 1907

Di posisi ke-4 ada Oakland MC, klub motor yang didirikan pada Agustus 1907 di California. Merayakan ulang tahun ke-100 pada tahun 2007 lalu, Oakland MC menggelar event di sekitar Club Hall mereka yang telah mereka tempati sejak 1983.

Saat ini, kegiatan rutin mereka adalah Three Bridge Run, kegiatan jalan-jalan malam yang rata-rata menarik sekitar 400 pengendara. Kegiatan populer lainnya adalah Sheetiron Dual-Sport Run, yaitu lomba lari selama 2 hari sejauh 300 mil.

>>> Klik halaman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasadena MC

3. Pasadena Motorcycle Club, 1907

Pasadena Motorcycle Club (PMC) didirikan pada Senin, 20 Mei 1907 di Pasadena, California, AS. PMC merupakan klub motor ke-3 tertua di Amerika Serikat.

Sejak pembentukannya, PMC masih aktif, termasuk selama Perang Dunia I dan II. PMC memiliki beberapa organisasi nonprofit. Mereka juga terkenal bukan sebagai klub motor yang sering melakukan hal-hal negatif. Sebaliknya, mereka bahkan sering melakukan kegiatan amal.

2. San Francisco MC, 1904

Klub motor ke-2 tertua di dunia adalah San Fransisco Motorcycle Club yang didirikan pada November 1904 di San Fransisco, AS. Klub motor ini memiliki 12 deklarator sekaligus pendiri.

Tahun 1906, markas SFMC hancur oleh gempa hebat. Tetapi setelah itu, klub ini kembali bangkit. Sampai saat ini, diperkirakan jumlah anggotanya lebih dari 500 orang.

1. Yonkers MC, 1903

Inilah klub motor tertua di dunia: Yonkers Motorcycle Club yang didirikan pada tahun 1903. Klub motor ini didirikan oleh George Eller di New York, AS. Klub motor memiliki semboyan terkenal: "if you can't party, go home!"

Pada tahun 2007, Yonkers MC ikut serta dalam Sturgis Rally, sebuah pameran klub sepeda motor dunia. Di sana, mereka menampilkan foto-foto bersejarah klub motornya.

(Rio/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini