Sukses

Kala Ratusan Mobil Gantikan Kembang Api Tahun Baru

Aksi bakar mobil ini dilakukan oleh pemuda-pemuda di pinggiran kota besar Prancis.

Liputan6.com, Paris - Aksi vandalisme massal terjadi pada malam tahun baru kemarin. Menurut kabar, ratusan kendaraan sengaja dibakar pada malam pergantian tahun di Prancis.

Menteri Dalam Negeri Prancis, Manuel Valls mengonfirmasi sejumlah 940 unit kendaraan meliputi mobil, van, dan skuter dibakar di penjuru Perancis selama malam tahun baru.

Aksi bakar mobil ini dilakukan oleh pemuda-pemuda di pinggiran kota besar seperti Paris, Strasbourg, Marseille dan Toulouse. Demikian dilansir dari Leftlanenews, Senin (5/1/2015).

Aksi bakar mobil ini dimulai pada awal 1990-an silam sebagai bentuk protes kesenjangan sosial yang kini berkembang menjadi sejenis perlombaan tak resmi antar daerah.

Selain tahun baru, para pemuda melakukan aksi bakar mobil pada tanggal 14 Juli yang menjadi hari libur nasional Perancis.

Aksi bakar mobil yang dilakukan pada malam tahun baru ini pun turut dilakukan dengan sengaja oleh beberapa pemilik mobil untuk menipu pihak asuransi.

Menurut sumber yang dirilis Pemerintah Prancis, tak kurang sejumlah 20 sampai 30 persen dari total mobil yang dibakar tersebut dilakukan sendiri oleh pemiliknya.

Menurut laporan, jumlah kendaraan yang dibakar selama pergantian tahun 2014-2015 tersebut turun sebanyak 12 persen ketimbang sebelumnya. Pihak kepolisian pun sampai menerjunkan sejumlah 90 ribu personel untuk berpatroli mencegah aksi bakar mobil ini semakin meluas.

Tingginya angka kendaraan yang terbakar dalam semalam sebanyak 940 unit ini tentunya cukup serius dibandingkan total 40 ribu unit jumlah kendaraan yang ludes dilalap api dalam setahun. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini