Sukses

Didandani Drag Race, Ini Wujud Toyota Camry

Walau terlihat biasa dari luar, modifikasi Camry ini berbekal mesin V8 berkapasitas 5,7 liter berikut komponen nitro.

Liputan6.com, Las Vegas - Toyota Camry selama ini dikenal sebagai sedan midsize elegan. Modelnya serta dimensinya yang cukup elegan membuat Camry dipilih untuk transportasi berbagai perusahaan di berbagai belahan dunia.

Namun, apa jadinya jika sedan keluarga lansiran Toyota ini disulap menjadi mobil balap untuk ajang drag race? Logikanya, tentu tak lepas dari modifikasi ekstrim baik pada mesin maupun bodi mobil untuk menunjang performa di arena balap.

Di ajang SEMA 2014 yang berlangsung di Las Vegas, Motorsports Technical Center memamerkan sebuah mobil untuk ajang balap drag dengan berbalut bodi Toyota Camry terbaru. Nyatanya, desain eksterior dari Camry terbaru ini tetap dibiarkan standar layaknya sebuah sedan normal. 

Namun, di balik tampang elegan yang dimiliki Camry lansiran terbaru ini, terkuak rahasia untuk melibas lintasan balap, yakni mesin V8 berkapasitas 5,7 liter berikut komponen nitro. Demikian dilansir dari Topspeed, Jumat (7/11/2014).

Berbeda dengan eksteriornya, interior Camry ini penuh aura kompetisi. Di dalamnya hanya menggunakan kursi tunggal untuk satu orang saja yakni untuk pebalap. Makin unik adalah cara masuk ke dalam interiornya yang tak melalui pintu, melainkan dengan cara mengangkat seluruh bodi mobil.



"Mobil ini memiliki unsur kejutan pada sisi eksteriornya sehingga membuat peserta lain tidak curiga. Ini adalah hasil membangun paling esktrim yang pernah kita perkenalkan di gelaran SEMA," ungkap Chuck Wade, Direktur dari Motorsports Technical Center Toyota.

Lebih lanjut, Chuck diberi mandat oleh Toyota mampu membuat Camry ini mampu mencatatkan waktu setidaknya 9,8 detik di trek balap sepanjang seperempat mil.

Agar stabil saat diajak melesat, para teknisi dari Motorsports Technical Center yang membangun Camry ini menggunakan as belakang dengan menggunan milik Toyota Tundra. Mobil pun telah menggunakan rangka roll bar untuk memberi keamanan pengendara dan juga membuat mobil lebih kokoh.

Proses pengerjaan Camry ini memakan waktu hingga 11 minggu. Untuk biayanya sendiri, Toyota diperkirakan menggelontorkan dana mencapai US$ 150 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini