Sukses

Suzuki Wagon R GS, Mobil Murah nan Irit BBM dengan Tampilan Mewah

Karimun Wagon R dikembangkan berdasarkan empat konsep dasar, yakni abin yang luas dan terbuka, multi guna, praktis, dan irit BBM.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diperkenalkan tanggal 18 September 2014 pada gelaran ‘The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, Suzuki hari ini secara resmi memperkenalkan produk terbarunya, Karimun Wagon R GS. Acara peluncuran produk Karimun Wagon R GS dilakukan serentak di 35 kota di seluruh Indonesia. Peluncuran di Wonosobo mengambil tempat di Plaza Wonosobo, Jawa Selatan dihadiri oleh perwakilan manajemen PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT. ABC, komunitas klub dan undangan lainnya.

Penambahan varian baru Karimun Wagon R ini hadir 10 bulan setelah Suzuki Indonesia memperkenalkan Karimun Wagon R, mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau (Low Cost Green Car/ LCGC)/ Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Bahan Bakar & Harga Terjangkau (KBH2) pada bulan November 2013. Didisain khusus bagi pasar Indonesia, Karimun Wagon R telah diterima dan disambut secara antusias oleh masyarakat Indonesia dan konsumen Suzuki, khususnya keluarga muda dan modern. Karimun Wagon R GS hadir dan tampil dengan ‘muka’ baru yang segar untuk melengkapi jajaran varian Karimun Wagon R yang telah ada saat ini.

Untuk menjawab meningkatnya tingkat permintaan dan beragam kebutuhan keluarga modern Indonesia akan kendaraan yang SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable), maka PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus mengembangkan KARIMUN WAGON R sebagai kendaraan ideal untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan biaya perawatan murah, ramah lingkungan, dan hemat bahan bakar, maka menjadikan mobil ini memiliki keuntungan lebih yang sesuai dengan taglinenya “Lebih dari cukup”.

Sampai saat ini, SIS telah mengembangkan 4 (empat) model di jajaran Karimun Wagon R, yakni GA, GL, GX, dan DILAGO (Limited Edition), untuk memberikan konsumen sebuah pilihan model untuk memenuhi kebutuhan berkendaranya, selera individu dan gaya hidup. Dengan hadirnya Karimun Wagon R GS, Suzuki telah mengembangkan varian yang ada untuk memenuhi permintaan pasangan/ keluarga muda dan urban akan sebuah mobil yang gaya dan terkini dimana sesuai gaya hidup mereka.

Dengan perkembangan ‘muka’ baru yang berbeda dan sejumlah penambahan baru terkini, Karimun Wagon R GS menawarkan keseimbangan sempurna antara penampilan dan performa, bentuk dan fungsi, keanggunan dan kegunaan. Hal - hal tersebut dapat memperluas pangsa pasar karimun Wagon R terhadap target pengguna dan pembeli, yaitu pasangan/ keluarga muda dan urban.

Adapun, konsep dan desain Karimun Wagon R dikembangkan berdasarkan empat konsep dasar, yakni abin yang luas dan terbuka, multi guna, praktis, dan bahan bakar yang efisien.

Desain Eksterior

Karimun Wagon R merupakan mobil kompak dengan bentuk kotak dan stabil. Untuk menjadikan tampilan yang lebih gaya dan segar maka bentuk Karimun Wagon R GS diperhalus dari model Karimun Wagon R yang sudah ada saat ini. Desain baru ini memberikan ‘muka’ Karimun Wagon R yang berbeda dan gaya, dengan buritan garis yang diperhalus pada desain depan bumper baru yang mengintegrasikan lampu kabut/ fog lamp yang dinamis dengan chrome garnish, stylish straight-line reflector grille, dan projector headlamps yang kilau dan ekspresif sinarnya. Logo Suzuki ‘S’ disematkan di tengah ‘wajah’ agar terlihat ekspresi karakter yang kuat dan kontemporer. Untuk menambah lekuk garis yang stylish maka Karimun Wagon R GS hadir tanpa roof rail yang terintegrasi. 

Sentuhan halus yang sama memberikan desain baru pada bumper belakang, dan posisi logo ‘Garuda’ yang khas yang terletak di tengah bagian pintu bagasi seperti yang ada di jajaran model Karimun Wagon R. Karimun Wagon R GS tersedia dalam 6 warna menarik yang sesuai dengan pengguna berjiwa muda: Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Cool Black, Radiant Red, dan Burgundy Red.

Desain Interior

Walaupun bentuk luar Karimun Wagon R GS terlihat kompak, namun bentuk kotak yang proporsional dan tinggi membuat model Karimun Wagon R dapat mengoptimalkan ruang yang ada di dalam nya/ bagian interior dapat mengakomodir 5 orang dewasa dengan nyaman, bahkan pada saat berkendara jauh. 

Nuansa premium black/ hitam pada bagian interior Karimun Wagon R GS memberikan kesan stylish dan berkelas. Warna hitam digunakan secara elegan, terutama di kain pelapis/ upholstery pada tempat duduk Karimun Wagon R GS. Ventilasi AC pada Dashboard mobil didesain dengan sentuhan berwarna hitam, yang menampilan chrome bezel. Penggunaan aksen chrome pada pegangan pintu mobil, dan aksen silver pada stir mobil membuat interior mobil menjadi semakin elegan dan gaya.

Karimun Wagon R GS memiliki sejumlah kompartemen di dalam interiornya, seperti kantong dan juga nampan yang terletak di jok depan mobil. Lalu, pintu belakang yang terbuka dengan lebar, memudahkan penumpang ketika hendak meletakan koper. Dengan jarak 725mm dari dasar ke atas permukaan/ tanah, koper yang besar dan berat dapat dimuat secara lebih mudah. Untuk dapat membawa koper yang besar dan berukuran panjang, ruang bagasi secara cepat dapat diperluas dengan melipat tempat duduk belakang mobil.

Mesin dan Performa

Karimun Wagon R GS menggunakan mesin generasi terbaru Suzuki, K10B, DOHC. Mesin 998 cc, 3-silinder dan 12-valve engine ini memiliki daya maksimum/ output maximum dari 68PS/6,200rpm dan torque 90N・m/3,500rpm. Mesin ini berimbang dengan transmisi manual 5-percepatan, membuat sensasi berkendara lebih nyaman dan “hidup”, ditambah pula dengan bahan bakar yang efisien dan baik.

Dikenal ringan dan output yang kuat/ powerful, mesin K10B menggabungkan metal timing chain sehingga memperpanjang kualitas dari mesin mobil dan tentunya menghemat biaya servis. Penghalusan yang dapat membuat mesin mobil terasa ringan dan efisiensi bahan bakar, serta, juga dilengkapi dengan plastic intake manifold, dan mengadopsi multi-point fuel injection.

Untuk membantu pengemudi untuk dapat mengemudi lebih ekonomis, mobil ini terdapat sebuah in-meter gearshift indicator (GSI) untuk menunjukkan pengemudi kapan waktu baiknya untuk mengganti gigi/ persneling yang mana merupakan perlengkapan standarnya.

Keamanan dan Keselamatan

Karimun Wagon R GS dirancang dengan menggabungkan fitur keamanan dan juga keselamatan, sehingga penumpang akan merasa tenang ketika mengendarai mobil ini. Fitur keamanan pada mobil ini diantaranya Sistem Immobilizer yang menggunakan signal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja. Sistem Keyless Entry menjadi pelengkap dari fitur mobil ini. 

Mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan yakni adanya sabuk pengaman/ seat belt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor), yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman/ tabrakan secara tiba-tiba. Lalu, Karimun Wagon R GS juga dilengkapi pula dengan child proof rear door locks pada pintu belakang mobil.

Dengan segala fitur dan keunggulan yang dimiliki, serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan yang modern, Karimun Wagon R GS dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) untuk wilayah JABODETABEK sebesar Rp. 105.900.000.

Suzuki 3S: Sales, Service, Spare parts 

Saat ini, PT. SIS tengah mempersiapkan perluasan program after sales service nya, yaitu 3S (Sales, Service, Spareparts) bagi Karimun Wagon R. Selain memperluas ketersediaan layanan tersebut dan juga penjualan Karimun Wagon R di seluruh wilayah Indonesia, Suzuki tengah memperluas penjualannya dengan memiliki sebanyak 6.200 wiraniaga/ sales force yang tersebar di seluruh Indonesia, serta membangun jaringan penjualan sebanyak 260 outlet 3S&1S yang telah memenuhi kualitas Suzuki.

Selain itu, Suzuki tengah memperkuat divisi After Sales-nya dengan meningkatkan persediaan spare parts Karimun Wagon R pada bengkel Suzuki (Beres S) di Indonesia, serta meningkatkan pelatihan/ training yang berkualitas dan handal bagi para mekaniknya. Kedua hal tersebut dilakukan Suzuki sebagai bentuk komitmen demi meningkatkan layanan 3S-nya sehingga konsumen Suzuki, termasuk pemilik Wagon R dan seluruh produk Suzuki lainnya dapat dengan mudah menikmati layanan servis yang diberikan oleh Suzuki.

Melanjutkan keberhasilan peluncuran Karimun Wagon R, maka perkenalan varian terbaru, hadirnya Karimun Wagon R GS ini merupakan bentuk komitmen dari Suzuki Indonesia pada pasar otomotif di Indonesia yang akan datang. Selama 40 tahun lebih eksistensinya, Suzuki dikenal sebagai salah satu brand otomotif terdepan di Indonesia, terutama akan slogan globalnya “Way of Life”. Slogan tersebut mengekspresikan “Excitement” yang dihasilkan dari nilai inti brand Suzuki, yakni “Spirit, Straightforward, Sporty and Value”.

Sebagai brand otomotif yang sudah eksis dan terpercaya di pasar Indonesia, Suzuki secara aktif terus mengembangkan nilai-nilai intinya sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, serta mengembangkan jaringan diler sehingga dapat menjangkau ke seluruh pelosok Tanah Air. (ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini