Sukses

Di Tiongkok, Petani Sanggup Bikin Tank

Diakui Li Guo Jun, dirinya membangun dua tank tanpa referensi apapun dari internet.

Liputan6.com, Beijing - Tank jelas bukan kendaraan sembarangan. Alat yang satu ini lazimnya bukan diperuntukkan untuk kepemilikan individual. Namun, bentuknya yang khas tak urung lekat di hati anak-anak.

Kali ini, seorang petani di China rupanya ingin mewujudkan untuk memiliki sebuah tank telah diimpikan sejak kecil. Bukan dengan cara membelinya, petani bernama Li Guo Jun tersebut membangun sendiri tank yang ia idamkan.

"Jujur membangun tank seperti itu tidaklah sulit untuk dilakukan, Saya hanya mengambil contoh dari model namun dengan ukuran yang jauh lebih besar," ujar Li, seperti dilansir dari Autoevolution, Jumat (3/10/2014).

Uniknya, Li membangun tank impiannya tanpa banyak mengetahui tentang data teknis atau mencari informasi via internet. Ia pun mengakui bahwa tidak memiliki akses koneksi untuk mencari referensi via internet.

Untuk mempermudah proses penggarapannya, Li dibantu oleh kawannya yang merupakan penggemar tank militer. Setelah bersusah payah akhirnya ia bersama kawannya berhasil membangun dua unit tank yang masing-masing diberi nama model 008 dan 009.

Tank ini pun dibuat tidak memiliki senjata apapun karena dilarang oleh aturan hukum dan keamanan setempat. Selongsong yang ada pada tank ini pun hanya dibuat dari pipa sederhana tanpa ruang untuk amunisi.

Li pun kini memiliki kesibukan baru bersama temannya di waktu luang yaitu mengemudikan tank ciptaaannya di jalan desa mereka yang terletak di Kangping County, Provinsi Liaoning di timur laut Cina. Dikatakan, tank buatan Li ini mampu melaju hingga kecepatan 19 km/jam dan sanggup melalui medan apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.