Sukses

Gandeng Laksana, United Tractors Kenalkan Scania Aerobus

Sebuah bus baru low deck bermesin Scania dengan karoseri Laksana turut mencuri perhatian pengunjung di IIMS 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Panggung IIMS 2014 nyatanya tak hanya milik kendaraan-kendaraan dengan pasar konsumen pribadi. Di panggung JIExpo Kemayoran, sebuah bus baru low deck bermesin Scania dengan karoseri Laksana turut mencuri perhatian pengunjung.

Tak urung, sang empunya, United Tractors pada Senin (22/9/2014) yang turut memperkenalkan varian bus penumpang khusus chasis baru tersebut. Menggandeng karoseri kenamaan asal Ungaran, Laksana, bus CKD (Completely Knocked Down) tersebut disulap menjadi calon angkutan bandara-bandara yang ada di Indonesia.

Mengusung mesin dengan kategori Euro 3, Aerobus Scania sendiri dimahari senilai Rp 2 miliar per unit, sedangkan pengerjaan tiap unitnya akan memakan waktu kurang lebih satu bulan oleh Laksana.

"Beda seperti bus bandara yang saat ini banyak dioperasikan, Aerobus Scania dengan karoseri Laksana ini tampil 'natural'. Artinya, desain yang disematkan Laksana dikatakan memungkinkan angkutan umum ini untuk mengangkut lebih banyak penumpang sekaligus sekali jalan," ujar Harijadi Mawardi, General Manager dari Truck Operation Division, United Tractors pada Senin (22/9/2014).


Model karoseri Laksana yang datar dikatakan siap menampung hingga 90 orang penumpang, jauh lebih banyak dari bus bandara saat ini yang umumnya hanya mampu menampung 50 orang saja sekali jalan.

Dengan spesifikasi mesin yang diusungnya, bus dengan transmisi otomatis ini menjanjikan rasa nyaman dengan tarikan smooth. lewat desain dari karoseri Laksana, ongkos pengoperasian juga lebih ekonomis. Dapur pacu sang raja jalanan ada di angka 250 horse power dengan dukungan kapasitas mesin 9.000 cc kategori emisi Euro 3.

Untuk itu, Laksana sebagai pembangun karoseri Aerobus tak tanggung turut membenamkan rangka galvanized ringan dengan baluran bodi luar bermaterial aluminium.

Pihak UT sendiri sebagai distributor dari Aerobus Scania ini siap memberikan jaminan purna jual yang memuaskan. Selain garansi selama satu tahun, turut disertakan servis dan suku cadang dalam durasi waktu yang sama (Des/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini