Sukses

Melongok Enam Koleksi Mobil Mantan Presiden Soekarno

Dari beberapa mobil milik Soekarno, terdapat enam unit kendaraan yang kerap digunakan oleh presiden pertama Republik Indonesia tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa kepemimpinannya sebagai seorang kepala negara, Presiden Soekarno dikenal dengan segudang aktivitasnya yang padat. Tentunya, untuk mendukung mobilitas tinggi, ia memiliki beberapa roda empat favorit untuk menunjang tugas kenegaraan.

Dari sekian mobil sang proklamator, terdapat enam unit yang kerap digunakan oleh presiden pertama Republik Indonesia tersebut. Kini, setelah berganti enam presiden, roda empat tersebut bisa dibilang sebagai benda antik bersejarah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com uraikan enam koleksi mobil dari ayah mantan Presiden ke-5, Megawati Soekarno Putri, tersebut:

1. Chrysler Windsor Limo



Mobil ini diproduksi oleh Chrysler sebanyak dua kali, tepatnya pada tahun 1939 hingga 1961, dan tahun 1961 hingga 1966. Pada masanya, Soekarno turut menggunakan mobil pabrikan Amerika Serikat (AS) ini untuk menopang sejumlah tugas negara.

Menariknya, sebelum digunakan untuk dinas Soekarno, mobil ini turut digunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Adapun, Chrsyler Windsor Limo ini memiliki mesin bertenaga 114 horsepower (HP) dengan transmisi manual empat-percepatan.

2. ZIL 111 Limo



Mobil lansiran tahun 1961 ini juga masuk ke dalam jajaran kendaraan bersejarah. Mobil yang digunakan oleh presiden pertama Indonesia ini mampu melesat dengan kecepatan maksimum 170 km/jam.

Saat ini, kondisi dari mobil produksi pabrikan Rusia itu tak lagi mulus. Pada masa jayanya, Zill 111 Limo bisa diajak berlari hingga kecepatan maksimam 170 km/jam.

3. Buick-8



Mobil ini memiliki kisah yang cukup heroik. Sebelum Buick-8 ini digunakan sebagai kendaraan dinas Presiden Soekarno, kendaraan ini adalah hasil pampasan dari penjajah Jepang. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 1.415 unit di dunia ini dikemas dengan mesin berkapasitas 5,2 liter.

Buick-8 yang memproduksi tenaga 141 hp pada 3.600 rpm itu kemudian dipasangi plat nomor Rep-1. Saat ini, mobil itu tersimpan di Museum Gedung Joang 45, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Chrysler Imperial



Mobil kenegaraan ini beroperasi dengan plat nomor B9150. Sepanjang masa jabatannya, Chrysler Imperial ini turut digunakan oleh Soekarno. Pasca peristiwa Cikini, kendaraan ini rusak pada spatbor kiri dan pecah kaca belakang.

Berbau mistis, ketika digunakan menjemput anak-anak Soekarno di Perguruan Cikini, mobil ini berhasil selamat dari ledakan granat yang dilemparkan pihak tak dikenal.

Roda empat berjenis limousin dengan empat pintu ini hadir dengan mesin 5,2 L bertenaga 130 HP dan transmisi manual tiga-percepatan.

5. Cadillac 1948



Pada masanya, Mobil ini hadir dengan mesin V8 segaris berkapasitas 5,7 liter dan tersedia dalam opsi transmisi manual tiga-percepatan dan triptonic empat-percepatan.

Tak pelak, Cadillac lansiran tahun 1948 itu menjadi salah satu tunggangan favorit dari koleksi sang proklamator. Mobil generasi ketiga itu hadir sebagai mobil sedan berfitur empat pintu.

6. DeSoto



Mobil ini dihibahkan kepada negara oleh seorang pengusaha bernama Djohan Djohor. Kemudian, Desoto lansiran tahun 1942 ini turut dipergunakan oleh Wakil Presiden RI, Mohammad Hatta.

Roda empat yang diproduksi dari tahun 1929 hingga 1942 ini kerap digunakan Hatta dalam melaksakana jabatannya sebagai pendamping Soekarno. Termasuk kala Ibukota berpindah dari Jakarta maupun Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini