Produsen Arloji Chopard Jadi Sponsor Reli Klasik Mille Miglia

Oleh Yongki Sanjaya pada 23 Mei 2014, 19:33 WIB
Diperbarui 23 Mei 2014, 19:33 WIB
Produsen Arloji Chopard Jadi Sponsor Reli Klasik Mille Miglia
Perbesar
Reli Mille Miglia menempuh jarak hingga 1.000 mil atau 1.609 km dan diikuti oleh mobil yang diproduksi dibawah tahun 1957.

Liputan6.com, Roma - Dunia jam tangan dan dunia mobil saling berkaitan. Keduanya terhunbung melalui sebuah proses mekanika dan estetika meskipun ukurannya berbeda.

Dalam dunia mobil, ajang reli Mille Miglia menjadi ajang reli mobil klasik yang paling dihormati. Sebagai sebuah produsen arloji kenamaan, Chopard merasa terhormat sebagai sponsor utama gelaran tersebut selama 25 tahun diadakan bagi Wakil Presiden Chopard, Karl-Friedrich Scheufele.

Gelaran reli Mille Miglia menempuh jarak hingga 1.000 mil atau 1.609 km yang dimulai dari kota Brescia hingga ke Roma lalu kembali lagi ke Brescia. Para peserta ajang reli ini merupakan mobil-mobil klasik yang diproduksi sebelum tahun 1957, seperti dilansir dari Forbes, Jumat (23/5/2014).

Ada beragam merek yang mengikuti ajang balap ini, mulai dari Porsche, Ferrari, Lancia, Aston Martin, Bentley, Jaguar, Mercedes - Benz, Bugatti, Alfa Romeo, serta Maserati turut serta meramaikan gelaran Mille Miglia. Beberapa diantara merek tersebut saat ini bernilai hingga mencapai US$ 1,5 juta atau sekitar Rp.17,37 miliar (Kurs Rp.11.530 per US$).

Tak seperti ajang balap pada umumnya yang pemenangnya ditentukan oleh yang tercepat mencapai garis finish, ajang balap reli ini juga diharuskan menaati segala peraturan lalu lintas yang ada di jalan selain harus mencapai tujuan dengan waktu dan kecepatan rata-rata yang telah ditentukan oleh panitia lomba.

Ajang reli Mille Miglia ini digelar pertama kalinya pada tahun 1927. Pada saat itu, gelaran Mille Miglia merupakan ajang lomba balap dan ketahanan mobil dan diadakan selama 24 kali hingga tahun 1957 karena terjadi insiden kecelakaan yang mengakibatkan dua orang pembalap tewas.

Setelah vakum sekitar 20 tahun, ajang ini lantas dihidupkan kembali tahun 1977. Gelaran Mille Miglia ini diikuti secara terbatas pada merek dan model yang telah terdaftar pada ajang yang diadakan sebelumnya antara tahun1927-1957.

Seperti juga Ayahnya, Karl - Friedrich Scheufele juga mengikuti ajang balap ini. Ayah dan anak ini berbagi gairah yang nyata untuk mobil-mobil vintage, yang jelas terlihat saat balapan. Bedanya, Scheufele senior tidak pernah menjadi pembalap di ajang Mille Miglia dan hanya menjadi suporter fanatik gelaran tersebut.

Pada gelaran Mille Miglia tahun ini, Karl- Friedrich Scheufele membesut Porsche 550 Spyder RS bersama dengan temannya yang merupakan pebalap mobil asal Belgia,Jacky Ickx.

Peserta lainnya juga diikuti beberapa orang terkenal seperti Hollywood Jeremy Irons dan Adrien Brody , pensiunan pembawa acara talk show Jay Leno, desainer Marc Newso , penyanyi AC / DC Brian Johnson, serta duet kakak-beradik Wolfgang dan Ferdinand Porsche dari dinasti Porsche.

Setiap pembalap yang berpartisipasi dalam gelaran ini mendapatkan sebuah arloji dari Chopard yang terukir huruf Mille Miglia beserta nomor mobil yang digunakan. Arloji edisi Mille Miglia ini merupakan arloji berteknologi modern dengan chronograph otomatis yang memiliki desain vintage.

Tak hanya diberikan khusus pada para peserta balap, Arloji ini juga dijual terbatas pada masyarakat umum dengan jumlah 2.014 buah yang dibanderol seharga US$ 5.520 atau sekitar Rp 23,3 juta.

Sementara itu untuk arloji dengan hiasan emas 18 karat dibandrol dengan harga US$ 19.110 atau sekitar Rp 221,2 juta dan hanya dijual terbatas dengan jumlah 250 buah saja. (Ysp/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya