Sukses

Bajaj Pilih RI Jadi Negara Pertama Rilis Pulsar 200 NS FI

Pulsar 200 NS tidak hanya lebih bertenaga, tetapi juga akan lebih hemat bahan bakar dengan teknologi injeksi yang dimilikinya.

Liputan6.com, Mumbai - Pasar Indonesia akan semakin diramaikan oleh kehadiran beberapa motor sport dari segmen entry level. Setelah sebelumnya Honda dan Yamaha menetaskan motor sport andalannya yaitu CBR250R dan YZF R15, kini pabrikan sepeda motor asal India, Bajaj, tak lama lagi menetaskan Pulsar 200 NS berteknologi injeksi.

Beberapa waktu yang lalu, sempat muncul foto spyshot di dunia maya yang memperlihatkan desain anyar dari Pulsar 200 NS injeksi di Indonesia.

Melansir laman Motorbeam, Sabtu (17/5/2014), Bajaj Pulsar 200 NS yang dijual di Indonesia adalah sama dengan versi India. Bajaj menyuntikkan teknologi Fuel Injection (FI) untuk bersaing dengan motor sport lain yang telah mengusung teknologi FI. Indonesia dipilih Bajaj menjadi negara pertama di luar India sebagai tempat meluncurkan Pulsar 200 NS FI karena dianggap memiliki banyak penggemar motor sport.

Pada bagian jantung penggerak, Pulsar 200 NS didukung oleh mesin bersilinder tunggal berkapasitas 200 CC triple spark (tiga busi) berpendingin cairan yang dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Mesin tersebut sanggup menghasilkan output tenaga sebesar 23,5 horse power (HP) dan torsi 18,3 Nm.

Meskipun memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil dari CBR250R yang baru saja diluncurkan, output tenaga yang dihasilkan oleh Pulsar 200 NS ini tidak jauh berbeda dengan output tenaga milik CBR250R sebesar 28,6 HP.

Dengan teknologi injeksi menggantikan karburator sebagai pengabut bahan bakar, membuat Pulsar 200 NS tidak hanya lebih bertenaga, tetapi juga akan lebih hemat bahan bakar. Menurut rumor yang berkembang, sistem injeksi dari Pulsar 200 NS akan dikembangkan oleh pabrikan injektor ternama asal Jerman, Bosch.

Desain dari Bajaj Pulsar 200 NS injeksi ini mengusung tema streetbike yang cukup berotot dengan bagian mesin yang terlihat. Headlamp juga mengalami sedikit perubahan dengan garis-garis tegas dan bentuk yang hampir meruncing meninggalkan desain sebelumnya yang membulat.

Di negeri asalnya, Pulsar 200 NS injeksi ini menjadi pesaing berat dari Yamaha R15. Di Indonesia, Pulsar 200 NS injeksi ini dapat menjadi pengganti dari Honda Tiger yang telah discontinued karena memiliki kapasitas mesin yang sama.

Sayangnya, pihak Bajaj belum membocorkan harga dari Pulsar 200 NS FI ini. Menurut kabar yang berkembang, harga Pulsar 200 NS FI ini akan sedikit lebih mahal dari versi sebelumnya. (Ysp/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.