Sukses

Urus Jadi Lamborghini Pertama yang Pakai Turbo

Mesin turbo garapan Audi tersebut juga akan digunakan sebagai platform pada Audi Q7.

Liputan6.com, Bologna - Pabrikan supercar Italia, Lamborghini sebelumnya telah memperkenalkan desain Sport Utility Vehicle (SUV) andalannya yaitu Urus. Lamborghini Urus dibekali mesin yang mampu menyemburkan tenaga 600 horse power (HP) dengan menggunakan sistem penggerak empat roda.

Melansir laman Top Speed, Sabtu (3/5/2014), kini pihak Lamborghini mengonfirmasi bila Urus akan menggunakan mesin v8 twin turbo berkapasitas 4,0 liter garapan Audi. SUV itu nantinya akan diproduksi di Slovakia.

"SUV ini menjadi mobil dengan mesin turbo pertama bagi kami," kata CEO Lamborghini Stephan Winkelmann.

Hal tersebut juga tidak ditampik oleh kepala R & D Lamborghini, Maurizio Reggiani yang mungkin menyematkan turbocharger pada mobil yang diproduksi 2017 mendatang ini.

Pada kendaraan-kendaraan garapan Lamborghini sebelumnya memang tidak menggunakan teknologi turbo sama sekali.

Mesin turbo garapan Audi tersebut juga akan digunakan sebagai platform pada model Audi Q7 dan juga SUV garapan Bentley.

Yang membedakan dengan kedua SUV lainnya adalah mesin dari Urus memiliki tenaga maksimal yang lebih besar karena Lamborghini yang menginginkan sebuah SUV yang supercepat.

Lamborghini Urus mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam empat detik. Si banteng ini juga dibekali dengan transmisi dual-cluth tujuh percepatan.

Ini bukan kali pertama Lamborghini menggarap mobil SUV. Sebelumnya, pabrikan yang bermarkas di kota Bologna tersebut juga sempat membuat SUV di tahun 1986 silam. (Ysp/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.