Sukses

Tata Siap Luncurkan SUV pada 2017

Tata dikabarkan berkolaborasi dengan Land Rover untuk menggarap sport utility vehicle (SUV).

Liputan6.com, Jakarta Rumor berkembang bila Tata sedang merancang sebuah sport utility vehicle (SUV) entry level. SUV tersebut digarap oleh kolaborasi antara Land Rover dengan Tata sebagai perusahaan induk.

Melansir laman Indianautosblog, Jumat (11/4/2014) SUV entry level ini diperkirakan akan diluncurkan antara 2016-2017. Proyek SUV ini menggunakan nama Q5 dan melibatkan sejumlah 45 insinyur yang dikepalai oleh Karl Heinz Servos, Project Director for Joint Projects, Tata Motors. SUV ini berkonsep 7 penumpang dengan pola 5+2.

Proyek Q5 akan menggunakan platform terbaru dari Freelander dengan para insinyur penggarap memodifikasi platform tersebut sesuai dengan kondisi di India. Berdasarkan info pejabat Tata yang tidak mau disebutkan namanya, SUV garapan dua pabrikan ternama ini akan berbeda 50-85% dibanding Freelander yang sudah ada.

Freelander sendiri dibangun dengan platform Ford EUCD yang juga digunakan oleh Volvo S80. SUV ini akan menjadi flagship terbaru tata menggantikan produk sebelumnya yaitu Tata Aria yang telah gagal menarik minat pembeli.

Untuk masalah ini Tata perlu merombak total tampilan jika ingin menyematkan brandnya pada SUV mahal ini. SUV ini akan dihadapkan bersaing dengan Toyota Fortuner dan Hyundai Santa Fe di India dengan harga yang hampir setara.

Sedangkan untuk pasar Cina, Jaguar Land Rover dan Chery akan meluncurkan mobil serupa yang dibuat di pabrik baru di Changshu dengan platform serupa yang digarap dengan Tata namun telah dimodifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.