Sukses

Ambulans Canggih Bantu Tenaga Medis Dubai

Dubai mengklaim ambulans tercanggihnya ini merupakan yang pertama di dunia

Liputan6.com, Dubai - Dubai terkenal sebagai kota dengan banyak mobil super  yang dimiliki masyarakat dan kepolisian. Tak mau ketinggalan, para tenaga medis di negeri Timur Tengah ini juga tidak mau kalah dengan deretan mobil yang lalu lalang di jalanan. 

Tak hanya canggih, tenaga medis Dubai juga memiliki menggunakan mobil ramah lingkungan. Salah satu pilihannya adalah ambulans berteknologi tenaga surya yang dipamerkan pada pembukaan Konfrensi Internasional Pengembangan Bantuan Kemanusiaan.

"Ini adalah ambulans terbaik yang pertama di dunia. Mobil ini seperti ruang gawat darurat bergerak karena memiliki semua peralatan untuk memberikan perawatan darurat" kata Dr Omar Al Sakkaf , Direktur Urusan Medis dan Teknis Layanan Ambulans, Dubai.

Melansir laman Thenational, Rabu (26/3/2014), ambulans ini dapat berjalan selama 48 jam tanpa pengisian. Kendaraan pengangkut pasien ini juga dilengkapi dengan kamera untuk memantau kondisi pasien dan mengawasi perawatan yang diberikan oleh paramedis selagi menunggu penanganan dokter di rumah sakit.

" Ambulans ini merupakan bagian dari persiapan jangka panjang kami untuk 2020. Kami akan segera memiliki seluruh armada tersebut," Ungkap Dr Al Sakkaf.

Kecanggihan mobil ambulans ini juga ditunjukan dengan adanya mesin CT Scan untuk mengecek pasien korban cedera kepala. Hasil pemindaian dapat langsung dikirimkan ke dokter. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan kamera belakang untuk merekam kejadian di lokasi kecelakaan yang langsung dikirim ke Kepolisian Dubai.

"Mobil tersebut memiliki sistem data elektronik seperti tanda-tanda vital pasien dan ekokardiografi. Data pasien disampaikan dengan cepat ke rumah sakit seperti Rumah Sakit Rashid, Rumah Sakit Latifa, Al Baraha atau Rumah Sakit Dubai," papar Dr Al Sakkaf.

Selama ini ambulans yang banyak digunakan umumnya berukuran lebih kecil dan hanya dapat menampung dua paramedis. Sedangkan ambulans pintar dapat membawa empat orang tenaga paramedis termasuk seorang dokter jika diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.