Sukses

Mengusung Misi Ekonomi Berkelanjutan, Bank Mandiri Konservasi Lahan Konsep NBS

Mengusung misi ekonomi berkelanjutan dan mendukung pengurangan emisi karbon, Bank Mandiri di tahap awal menggandeng PSE UGM dalam konservasi alam di lahan kritis yang kedepannya diperluas hingga 500 Ha.

Liputan6.com, Jakarta Pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bank Mandiri menggelar konservasi lahan yang memanfaatkan konsep Nature-Based Solution (NBS) didukung pendekatan kolaborasi Pentahelix dengan melibatkan pemangku kepentingan setempat.

Bank Mandiri melaksanakan konservasi awal berkonsep NBS dengan menggandeng Pusat Studi Energi (PSE) UGM di Desa Bedono, Kecamatan Sayung Demak dan tiga titik lokasi lain yang kedepannya akan diperluas secara bertahap ke berbagai titik di Indonesia hingga mencapai 500 Ha. Proyek awal yang digarap, berlokasi di Desa Bedono (Demak), Desa Pati Ayam (Kudus), Desa Kedung Malang (Jepara) dan Desa Mulyorejo (Pekalongan) ini untuk meningkatkan ketahanan pantai dan dukungan hutan bagi ratusan orang rentan terdampak.

Revitalisasi berkelanjutan diperkenalkan dengan metode inovatif dan praktik terbaik dimana Bank Mandiri melibatkan kolaborasi pentahelix yakni pemerintah setempat, Dinas Lingkungan Hidup, Kelompok Tani serta akademisi atau praktisi lingkungan.

Pada tahap awal, Bank Mandiri dengan menggandeng PSE UGM untuk memonitoring hingga beberapa tahun kedepan dan melakukan replanting penyulaman bibit mangrove yang gagal tumbuh, baik dibronjong ataupun yang langung ditanam di tanah dengan penguat ajir dari bambu. Program ini juga didaftarkan kepada Sistem Registrasi Nasional dalam rangka memperoleh ICER (Indonesia Certified Emission Reduction).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini