Sukses

Asupan Kafein Dikonsumsi Saat Hamil Berpengaruh ke Perawakan Sang Buah Hati, Begini Menurut Penelitian

Selain itu, anak-anak dari orang tua yang mengonsumsi kafein saat mereka dalam kandungan terbukti bertubuh lebih pendek.

Liputan6.com, Jakarta Memulai hari dengan secangkir kopi atau teh berkafein panas mungkin akan menyegarkan. Akan tetapi, itu bisa berdampak negatif bagi anak-anak dari seorang wanita yang sedang hamil, menurut sebuah studi baru.

Dilansir dari CNN, Jumar (4/11/2022), menurut penelitian yang diterbitkan Senin di JAMA Network Open, anak-anak yang terpapar kafein dalam jumlah kecil sebelum lahir ditemukan rata-rata lebih pendek daripada anak-anak dari orang-orang yang tidak mengonsumsi kafein saat hamil.

Selain itu, anak-anak dari orang tua yang mengonsumsi kafein saat mereka dalam kandungan terbukti bertubuh lebih pendek pada usia 4 tahun dibandingkan mereka yang orang tuanya tidak mengonsumsi, menurut penulis utama Dr. Jessica Gleason, seorang perinatal. ahli epidemiologi.

“Untuk lebih jelasnya, ini bukan perbedaan tinggi yang besar, tetapi ada perbedaan kecil dalam tinggi badan di antara anak-anak dari orang-orang yang mengonsumsi kafein selama kehamilan,” kata peneliti di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health dan Pembangunan Manusia Gleason.

Karena itu, American College of Obstetricians and Gynecologists saat ini menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein hingga kurang dari 200 miligram per hari saat hamil.

Untuk konteksnya, secangkir teh berkafein biasanya memiliki sekitar 75 miligram kafein, secangkir kopi instan memiliki sekitar 100 miligram dan secangkir kopi yang disaring memiliki sekitar 140 miligram. Bahkan cokelat pun ada yang memiliki sekitar 31 miligram kafein.

Akan tetapi, perbedaan yang ditemukan dalam penelitian terbaru ditemukan bahkan pada anak-anak dari orang tua yang minum kurang dari setengah cangkir kopi per hari saat hamil – jauh di bawah pedoman saat ini, kata Gleason.

Namun, tidak jelas apakah penelitian ini secara efektif menunjukkan penyebab antara konsumsi kafein ibu dan tinggi badan anak, menurut seorang profesor epidemiologi dan biostatistik di Curtin University di Australia Gavin Pereira. Pereira tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Korelasi yang diamati dalam penelitian ini dapat dijelaskan dengan adanya penyebab umum dari konsumsi kafein dan pembatasan pertumbuhan, misalnya kemiskinan, stres, dan faktor makanan,” kata Pereira dalam sebuah pernyataan kepada Science Media Center.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekhawatiran Perawakan

Jika tinggi badan yang lebih pendek pada masa kanak-kanak bertahan hingga dewasa, akan ada kemungkinan anak-anak tersebut dapat menghadapi risiko hasil kardiometabolik yang buruk, seperti penyakit jantung dan diabetes, yang terkait dengan perawakan yang lebih kecil.

Tetapi masih belum ada cara untuk mengetahui apakah perbedaan itu akan bertahan hingga dewasa, dan penelitian seperti ini yang berfokus pada hasil populasi bukanlah alasan bagi setiap keluarga untuk panik, kata Gleason.

Tren tingkat populasi ini seharusnya diambil bersama dengan penelitian lain agar organisasi dapat menilai kembali rekomendasi mereka, kata Gleason.

Di masa lalu, ada penelitian yang tidak konsisten mengenai apakah mengonsumsi kafein selama kehamilan berdampak pada janin, tetapi buktinya telah dikumpulkan dalam beberapa tahun terakhir, kata Gleason.

Sebuah meta-analisis 2015 yang meninjau semua penelitian yang ada menemukan ada hubungan respons dosis antara konsumsi kafein dan ukuran lahir yang lebih kecil. Dan sebuah studi tahun 2020 mengungkapkan tidak ada tingkat kafein yang aman untuk janin yang sedang berkembang.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasinya

Bahkan tanpa kepanikan yang diperingatkan Gleason, beberapa orang mungkin ingin mengurangi kafein.

Ingat, kafein ditemukan dalam kopi, teh, minuman ringan, minuman energi dan suntikan, serta kakao dan cokelat. Selain itu, juga hadir dalam makanan ringan yang diperkaya, beberapa batang energi dan bahkan beberapa obat penghilang rasa sakit.

Sebuah studi Universitas Johns Hopkins 2016 menemukan bahwa sangat membantu ketika individu mengidentifikasi situasi atau suasana hati di mana mereka kemungkinan besar menginginkan kafein sehingga mereka dapat menghindari situasi yang memicu keinginan mengidam, terutama selama beberapa minggu pertama memodifikasi penggunaan kafein. Peminum kafein juga bisa memiliki rencana ketika mengidam terjadi, seperti mengambil istirahat relaksasi lima menit yang melibatkan latihan pernapasan dalam.

Ingatlah untuk selalu mendiskusikan perubahan gaya hidup atau pola makan utama dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu. Hal itu karena perubahan dapat memengaruhi suasana hati atau kondisi medis Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.