Sukses

Mengenal Apa Itu Niacinamide dan Manfaatnya

Bahan ini dijadikan sebagai perawatan kulit karena dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, terutama bagi yang memiliki kulit berminyak dan/atau menua.

Liputan6.com, Jakarta Niacinamide menjadi salah satu bahan perawatan kulit yang sering dijumpai di hampir setiap produk. Bahan satu ini memang memiliki beragam manfaat buat kulit dan aman untuk digunakan.

Namun, bagi pemula yang baru mencoba produk perawatan kulit mungkin bertanya-tanya, apakah niacinamide itu dan apa saja manfaatnya?

Dilansir dari CNN, Senin (31/10/2022), niacinamide merupakan bentuk vitamin B3 yang diturunkan secara alami. Niacinamide memiliki banyak manfaat kulit dan merupakan bahan yang disetujui oleh dokter kulit yang aman untuk dicoba oleh siapa saja.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan niacinamide ke rutinitas perawatan kulit, inilah yang harus Anda ketahui tentang bahan anti-penuaan satu ini.

“Niacinamide, juga dikenal sebagai nicotinamide, adalah bentuk niacin yang aktif secara fisiologis atau vitamin B3 yang larut dalam air,” kata dokter kulit bersertifikat pendiri Brown Skin Derm Adeline Kikam.

Bahan ini dijadikan sebagai perawatan kulit karena dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, terutama bagi yang memiliki kulit berminyak dan/atau menua.

“Niacinamide memiliki manfaat dermatologis yang menonjol, termasuk mengatur produksi sebum berlebih (membantu mengontrol minyak), mengurangi jerawat dan meminimalkan munculnya pori-pori,” kata Kikam.

Kegunaan Niacinamide

“Niacinamide telah menjadi lebih populer, karena merupakan bahan serbaguna yang memberikan pilihan bagus sendiri untuk membantu menargetkan masalah perawatan kulit seperti perubahan warna. dan kemerahan sekaligus lembut di kulit,” jelas dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York Marisa Garshick.

“Ini juga efektif jika dipasangkan dengan bahan lain karena dapat membantu memperkuat penghalang kulit dengan meningkatkan produksi ceramide, membuat bahan lain lebih mudah ditoleransi juga,” lanjutnya.

Karena melengkapi bahan perawatan kulit lainnya, seperti asam hialuronat, Anda akan sering melihat niacinamide dipasangkan dengannya dalam formula yang sama. Menurut Garshick, niacinamide juga bekerja dengan baik dengan bahan aktif seperti retinol atau exfoliant, di mana ia dapat ditambahkan untuk membantu meningkatkan tolerabilitas atau kemanjuran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Niacinamide

Dari meningkatkan hiperpigmentasi hingga mendukung penghalang kulit, niacinamide memiliki banyak manfaat kulit.

“Niacinamide meningkatkan produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit, termasuk kehalusan, garis-garis halus dan kerutan serta membantu mencerahkan dan memudarkan hiperpigmentasi melalui regulasi transfer melanosom,” kata Kikam.

Plus, salah satu klaim ketenaran terbesarnya adalah kemampuannya untuk meminimalkan ukuran pori dengan membantu mengatur produksi sebum berlebih dan mencegahnya terlihat besar dan padat.

Secara keseluruhan, ini adalah bahan yang bagus untuk berbagai masalah kulit, dan bahkan aman untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

“Niacinamide memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat atau rosacea,” catat Garshick.

Kikam pun setuju dan menambahkan bahwa “Semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari niacinamide, terutama kulit berminyak dan rawan jerawat dan mereka yang memiliki rosacea dan kulit tidak rata.”

 

3 dari 3 halaman

Cara menggunakan niacinamide dalam rutinitas perawatan kulit

Ada banyak cara untuk memasukkan niacinamide ke dalam rejimen perawatan kulit. Sebab, bahan ini ditemukan dalam pembersih, pelembab, serum, krim mata, tabir surya, produk tubuh dan banyak lagi.

“Salah satu cara paling efektif untuk menggabungkan manfaat niacinamide adalah dalam rutinitas perawatan kulit malam Anda, ketika kulit dan tubuh bekerja untuk memperbaiki dan mengisi kembali diri mereka sendiri saat kita tidur,” kata ahli kecantikan Apto Skin Care Despina Freimanis.

Namun, para ahli kulit mengatakan bahwa ada sedikit kekhawatiran saat menambahkan niacinamide ke dalam perawatan kulit.

“Niacinamide dapat dipasangkan dengan banyak bahan perawatan kulit lainnya, karena lembut di kulit dan seringkali dapat meningkatkan toleransi,” kata Garshick.

Satu-satunya peringatan adalah melapisinya dengan vitamin C, yang dapat mengurangi kemanjuran produk. Namun, Kikam mengatakan perbaikan sederhana adalah dengan melakukan siklus kulit dengan kedua bahan tersebut atau menunggu beberapa menit antara mengaplikasikannya.

“Vitamin C bekerja paling baik pada pH kulit yang lebih rendah dan secara tradisional tidak stabil, sementara niacinamide bekerja paling baik pada pH yang lebih tinggi/netral,” kata Kikam. “Mengingat ini, yang terbaik adalah menempatkan dua aplikasi ini dalam jarak beberapa menit.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.