Sukses

Kenali Jenis Kerontokan Rambut Hingga Solusi Mengatasinya

Pada titik tertentu dalam hidup, kemungkinan Anda akan mengalami kerontokan rambut. Entah karena stres atau hormon.

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok masih menjadi permasalahan yang kerap dirasakan hampir setiap orang. Karena kerontokan rambut disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda, itu berarti pencegahannya pun tidak sama.

Lantas, apa saja penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada titik tertentu dalam hidup, kemungkinan Anda akan mengalami kerontokan rambut. Entah karena stres atau hormon.

Terlebih lagi, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Namun tidak perlu khawatir, untungnya ada berbagai pilihan yang bisa dicoba untuk mengobati dan mencegah rambut rontok ini.

Hampir setiap hari mungkin Anda mengalami kerontokan rambut. Faktanya, Klinik Cleveland mencatat bahwa normalnya bagi setiap individu kehilangan antara 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Penasihat Medis Happy Head William Rassman menambahkan bahwa bahkan hingga 150 helai masih normal.

Berbicara mengenai rambut rontok, Pendidik Nasional dan Duta Merek di René Furterer Chuck Hezekiah mengatakan bahwa itu didefinisikan sebagai gangguan yang disebabkan oleh gangguan dalam siklus produksi rambut tubuh.

"Rata-rata, kulit kepala memiliki 100.000 helai rambut yang mengalami siklus tumbuh (anagen), istirahat (catagen), dan rontok (telogen)," tuturnya seperti dilansir InStyle, Kamis (27/10/2022).

"Jika siklus ini terganggu, atau jika folikel rambut rusak, rambut mungkin mulai rontok lebih cepat, menyebabkan gejala seperti garis rambut surut, rambut rontok, atau penipisan secara keseluruhan,” tambahnya.

Anda mungkin mulai memperhatikan kerontokan rambut dengan beberapa cara. Sebagai permulaan, Rassman mengatakan Anda mungkin melihat lebih banyak rambut berserakan di kamar mandi atau ketika menyisir dan menata rambut. Selain itu, dia mengatakan Anda mungkin juga melihat perubahan nyata pada volume rambut dibandingkan sebelumnya atau mungkin melihat kebotakan baru.

Namun, kerontokan rambut bukanlah istilah umum, jadi penting untuk membedakannya demi memahami alasan Anda bisa kehilangan lebih banyak rambut daripada biasanya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Kerontokan Rambut

William Gaunitz sebagai trichologist bersertifikat dan pendiri Advanced Trichology mengatakan. ia membagi kerontokan rambut menjadi tiga kategori umum, antara lain:

1. Kerontokan rambut terkait hormonal

Kerontokan ini juga dikenal sebagai androgenetic alopecia. Rambut rontok akibat hormonal adalah sensitivitas genetik terhadap dihidrotestosteron.

Untuk pria, Hizkia mencatat bahwa jenis kerontokan rambut ini dimulai di atas pelipis dan berlanjut di sekitar bagian atas kepala, sering kali meninggalkan cincin rambut di sepanjang bagian bawah kulit kepala dan akhirnya menyebabkan kebotakan.

Sedangkan pada wanita, rambut menipis tetapi garis rambut biasanya tidak surut dan jarang menyebabkan kebotakan. Begitu sensitivitas ini dipicu, Gaunitz mengatakan itu tidak bisa dibalik.

2. Rambut rontok terkait nutrisi

Jenis kerontokan rambut ini juga dapat disebut sebagai alopecia nutrisi dan mengacu pada penipisan umum pada kulit kepala. Akan tetapi, dapat juga memengaruhi alis dan rambut wajah karena pengurangan bioavailabilitas keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut secara maksimal, seperti seperti vitamin D3, feritin, zat besi, seng, vitamin B12, dan folat.

Gaunitz mengatakan ini adalah penyebab paling umum kerontokan rambut dan alasan paling umum mengapa perawatan tambahan tidak berhasil.

3. Rambut rontok karena inflamasi

Gaunitz mengatakan ini adalah jenis kerontokan rambut yang paling beragam — termasuk alopecia areata, telogen effluvium (kerontokan rambut terkait stres), dan berbagai macam jaringan parut alopecia yang disebabkan oleh peradangan akibat gangguan autoimun.

Kerontokan ini juga dapat disebabkan dari bahan kimia yang bersentuhan dengan kulit kepala, seperti pemutih, dengan mencabut rambut Anda (yang terjadi ketika Anda menderita trikotilomania), memakai rambut Anda dengan gaya rambut ketat yang konstan, dan obat-obatan seperti kemoterapi.

 

3 dari 3 halaman

Pencegahan Rambut Rontok

Intinya adalah pencegahan rambut rontok bisa sulit dikendalikan.

“Tidak selalu mudah karena kita tidak selalu bisa memprediksi apakah kita akan mengalami kerontokan rambut di masa depan,” kata Hizkia. "Rambut rontok adalah reaksi tubuh terhadap sesuatu, baik keturunan, hormonal, atau reaksional. Sekali diperhatikan itu sudah dalam tahap itu." Namun, beberapa jenis kerontokan rambut lebih mudah dicegah daripada yang lain.

Kerontokan rambut bernutrisi adalah yang paling mudah untuk dicegah. Seperti yang ditunjukkan Gaunitz bahwa yang harus Anda lakukan hanyalah menjaga kadar nutrisi penting dalam darah dalam kisaran optimalnya.

"Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan melakukan tes darah dan mengkompensasi item apa pun yang mungkin tidak optimal," tambahnya.

Jika Anda sedang menstruasi, menderita PCOS, atau vegan atau vegetarian, Gaunitz merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk menyingkirkan masalah zat besi atau feritin.

Mencegah rambut rontok hormonal

Sementara itu, kerontokan rambut terkait hormon tidak dapat dicegah karena bersifat turun-temurun atau akibat langsung dari obat-obatan, seperti pengendalian kelahiran.

"Berbagai penyebab kerontokan rambut sering diketahui setelah fakta sehingga seseorang dengan salah satu kondisi ini sering mengejar diagnosis dan kemudian memulai terapi yang tepat," jelas Rassman. Alih-alih pencegahan, ini lebih tentang pengobatan.

Mencegah rambut rontok akibat peradangan

Kerontokan rambut akibat peradangan adalah yang paling sulit dicegah, menurut Gaunitz, tetapi itu bukan berarti tidak bisa diobati.

Karena ada banyak jenis kerontokan rambut terkait peradangan, penting untuk menentukan terlebih dahulu apa yang menyebabkan peradangan. Jika Anda terus-menerus memutihkan rambut Anda, misalnya, metode perawatan dan pencegahannya adalah dengan menghentikan pemutihan rambut Anda.

Selain itu, jika folikel rambut Anda terus-menerus tersumbat, yang kemudian menyebabkan peradangan, Anda harus menggunakan eksfoliator kulit kepala untuk membersihkan kulit kepala secara mendalam. Pencegahan kerontokan rambut terkait stres adalah menghindari stres sama sekali, tetapi kita semua tahu betapa tidak realistisnya hal itu.

Sebagian besar jenis kerontokan rambut memerlukan perawatan dan tidak dapat dicegah. Untuk hasil terbaik, konsultasikan dengan dokter agar bisa menentukan penyebab kerontokan rambut Anda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.