Sukses

3 Bahan Ini Jadi Solusi Masalah Kaki Pecah-pecah, Apa Saja?

Jadi, apa pun alasannya, lebih baik segera atasi masalah tersebut karena ada banyak cara atau pengobatan yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kulit kaki pecah-pecah.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kaki pecah-pecah bukanlah masalah kesehatan yang mendesak, tapi terkadang hal ini membuat tidak percaya diri. Sebab itu, alangkah lebih baik, masalah ini harus terselesaikan agar kulit kaki yang pecah-pecah tersebut bisa kembali mulus.

Tidak sedikit seseorang yang ketika kulit kaki pecah-pecah mengelupasinya sehingga bisa menyebabkan lecet atau berdarah. Hati-hati, tumit yang lecet tersebut dapat terinfeksi dan menyebabkan selulitis, infeksi kulit.

Jadi, apa pun alasannya, lebih baik segera atasi masalah tersebut karena ada banyak cara atau pengobatan yang bisa Anda coba untuk menghilangkan kulit kaki pecah-pecah.

Penyebab Kulit Kaki Pecah-pecah

Tumit yang mengelupas atau pecah-pecah berawal dari kulit di sekitar kaki yang menjadi tebal dan kering. Kulit kasar dapat patah di bawah tekanan tambahan, yang menyebabkan pengelupasan.

Nah, untuk merawatnya, ada beberapa bahan yang bisa Anda coba untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dilansir dari Pinkvilla, Jumat  (14/10/2022), berikut ini bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kulit pecah-pecah.

1. Perawatan kaki dengan pisang tumbuk

Pisang mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin A, B6, dan C. Semua itu membantu menjaga elastisitas dan hidrasi kulit. Jangan diragukan, pisang menjadi buah yang bisa dijadikan sebagai pelembab alami yang menjaga kulit di kaki agar tidak kering dan membuatnya tetap basah.

Oleh karena itu, Anda dapat menumbuk dua pisang matang dan menggunakan pasta sebagai salep untuk kaki. Sertakan sisi jari kaki dan kuku saat mengoleskan pasta. Setelah didiamkan selama 20 menit, basuh kaki Anda dengan air. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, lakukan ini setiap malam setidaknya selama dua minggu.

2. Penggunaan madu sebagai pembersih

Madu dianggap sebagai antibiotik alami yang membantu menyembuhkan patah kaki. Selain itu, madu juga berperan sebagai humektan yang baik untuk menjaga kulit tetap basah dan mencegah kekeringan.Selain itu, kualitas madu yang menenangkan membantu menghidupkan kembali kulit.

Jadi, Anda bisa menggunakan secangkir madu yang ditambahkan ke air panas untuk merendam kaki. Bersihkan tumit Anda dan pijat selama 20 menit sebelum Anda mengeringkan kaki, lalu melembabkannya.

3. Lotion kaki malam dari minyak nabati

Minyak goreng cepat terserap oleh kulit. Minyak nabati kaya akan vitamin A, D, dan E, yang semuanya meremajakan kulit dan mengobati kaki pecah-pecah dengan menghasilkan sel-sel baru.

Jadi, Anda bisa membersihkan kaki dengan baik, lalu mengeringkannya sebelum mulai menggunakan minyak sayur. Anda membutuhkan 2 sendok makan untuk menutupi tumit dan jari kaki Anda dengan lapisan minyak yang tebal. Disarankan mengenakan kaus kaki yang bersih dan nyaman.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.