Cari Tahu Alasan Ketiak Bau Hingga Solusi Mengatasinya

Oleh Aprilia Wahyu Melati pada 06 Okt 2022, 18:18 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 18:18 WIB
ilustrasi ketiak/pixabay
Perbesar
ilustrasi ketiak/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ketiak menjadi bagian dari tubuh yang cenderung menimbulkan bau. Sementara itu, bau badan bisa menjadi pengalaman yang memalukan dan tidak menyenangkan sama sekali. Karena itu, bau ketiak perlu segera diatasi agar bisa tampil lebih percaya diri.

Di ketika terdapat kelenjar keringat. Sebagian besar memiliki kondisi yang lembab sehingga menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh, kata Sonia Tekchandani dari Celebrity Dermatologist. Karena itu, bakteri ini adalah alasan di balik bau tak sedap yang keluar dari ketiak, tambahnya.

Alasan Ketiak Bisa Bau

Dilansir dari Pinkvilla, Kamis (6/10/2022), proses alami tubuh berkeringat menjadi fenomena yang sangat umum. Dengan berkeringat, tubuh melepaskan panas berlebih yang dihasilkan dan membantu diri menjadi dingin.

Selanjutnya ketika keringat bersentuhan dengan bakteri, mereka membentuk bau yang tidak sedap. Kelenjar apokrin adalah salah satu kelenjar keringat yang bertanggung jawab untuk menghasilkan bau.

Selain bakteri, beberapa makanan juga bisa menyebabkan bau ketiak seperti bawang bombay, bawang putih, brokoli, dan minuman tertentu juga bisa menjadi penyebab bau tidak sedap pada ketiak.

Selain itu ketika Anda terlalu banyak melakukan aktivitas fisik atau olahraga, cuaca yang terlalu panas, masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, obesitas, dan bahkan perubahan hormon dapat membuat ketiak Anda bau.

Namun tidak perlu khawatir, selalu ada solusi sekalipun untuk mengobati ketiak yang bau. Berikut adalah beberapa tips luar biasa dari para ahli untuk membantu Anda mengatasi bau tak sedap.

1. Cuci pakaian secara teratur

Pakaian Anda menjebak keringat dan bau itu membuat lebih bau saat memakainya. Selama musim panas pastikan untuk mencuci pakaian setiap hari. Juga, selalu simpan dua set pakaian olahraga agar Anda tidak menggunakan pakaian yang berkeringat keesokan harinya.

2. Kenakan bahan yang mudah menyerap keringat

Bahan katun yang longgar adalah cara sempurna jika Anda ingin mencegah bau tak sedap. Pakaian sutra, sintetis, dan ketat menjebak keringat dan bakteri bersama-sama membuat ketiak lebih bau. Pakaian yang longgar akan membuat kulit Anda bernapas dan menghasilkan lebih sedikit keringat.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Gunakan antiperspiran

Sebagai Pengganti Deodorant Untuk Menghilangkan Bau Ketiak
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Tawas Sebagai Pengganti Deodorant Credit: pexels.com/Mareefe

Antiperspiran membantu menghilangkan bau badan secara teratur. Menggunakan antiperspirant sekali atau dua kali sehari adalah cara yang bagus karena benar-benar membuat ketiak tetap segar. Antiperspiran yang mengandung aluminium chloride hexahydrate memblokir kelenjar keringat dan mengontrol keringat.

4. Eksfoliasi ketiak

Menyingkirkan sel-sel kulit mati dari ketiak akan membantu Anda mengatur bau badan. Karena akumulasi bakteri ditumpahkan melalui pengelupasan, kemungkinan bau menjadi lebih sedikit. Menggunakan bantalan pengelupasan dengan asam glikolat dan salisilat di malam hari sangat membantu.

5. Jaga agar area tetap kering

Penggunaan bantalan keringat disarankan karena dapat menyerap keringat secara efektif dan menghilangkan bau tak sedap sepanjang hari. Bantalan keringat adalah bantalan kapas yang ditujukan untuk satu kali penggunaan.

 


6. Bersihkan dari rambut yang tumbuh

Cukur bulu ketiak
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/goffkein.pro

Jaga agar ketiak Anda bebas bulu dengan mencukur atau waxing metode apa pun yang cocok untuk. Rambut tubuh membuat berkeringat lebih banyak dan bakteri mendapat kesempatan untuk menghasilkan bau yang kuat itu.

7. Mandi

Ketika ingin mencegah bau badan, menjaga kebersihan berperan penting. Pastikan untuk mandi setidaknya satu kali setiap hari menggunakan sabun mandi ringan. Juga, jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas intensitas tinggi lainnya seperti berlari atau berenang, selalu mandi setelahnya untuk menghilangkan keringat dan bau.

8. Lakukan perawatan

Dalam kasus keringat berlebih hiperhidrosis, silakan hubungi dokter kulit untuk injeksi racun botulinum dan pengurangan rambut laser permanen.

Ikuti saja tips sederhana dan efektif ini yang akan membantu Anda mencegah ketiak bau dan percaya diri dengan kulit Anda sendiri.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya