Sukses

Kolaborasi Bukalapak dan Bank DBS Indonesia Dukung Gerakan Mengurangi Sampah Makanan

Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan Bukalapak menyumbangkan lebih dari satu ton produk makanan dan minuman instan yang akan disalurkan kepada sekitar 250 anak-anak jalanan di sekitar Jakarta melalui Yayasan Surplus Peduli Pangan.

Liputan6.com, Jakarta Bukalapak berpartisipasi dalam program “More Sustainability Actions,Less Waste” yang dijalankan oleh Bank DBS Indonesia bersama dengan Bananas, Blibli, FOI, KebunKumara, Surplus Indonesia, dan Waste4Change. Program ini merupakan bagian dari gerakan#MakanTanpaSisa yang telah dijalankan oleh Bank DBS Indonesia sejak tahun 2020 dengan tujuanmeningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi limbah makanan di Indonesia. Sebagai pembukakolaborasi ini, Bukalapak menyumbangkan lebih dari satu ton produk makanan dan minuman instan yangakan disalurkan kepada anak-anak jalanan di daerah Jakarta oleh Yayasan Surplus Peduli Pangan,bagian dari PT Ekonomi Sirkular Indonesia (Surplus Indonesia).

Pada program ini, Bukalapak secara berkala mendonasikan produk makanan dan minuman berlebih darigudang Mitra Bukalapak ke Yayasan Surplus Peduli Pangan. Pada kolaborasi ini, Bukalapakmenyumbangkan ± 1 ton produk makanan dan minuman dalam kemasan atau setara denganpencegahan ± 1,43 ton CO2e total emisi yang berpotensi dihasilkan jika total produk tersebut berakhirmenjadi sampah makanan. Jenis produk yang didonasikan adalah minuman berbasis susu, mie instan,dan beberapa jenis makanan ringan. Produk yang masih aman dikonsumsi akan disalurkan oleh YayasanSurplus Peduli Pangan kepada 250+ anak-anak jalanan di beberapa lokasi sekitar Jakarta. Sedangkanproduk makanan yang sudah tidak layak konsumsi akan diolah menjadi elemen yang berguna untukpelestarian lingkungan.

Bertepatan dengan International Day of Awareness of Food Loss and Waste yang diperingati setiap 29September, hari ini Bukalapak meresmikan partisipasinya di dalam program “More Sustainability Actions,Less Waste” melalui penyerahan secara simbolis produk makanan dan minuman dari Mitra Bukalapakyang diwakili oleh VP of Mitra FMCG & Fresh Bukalapak, Caesario Parlindungan dan Bank DBSIndonesia yang diwakili oleh Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBSIndonesia, Mona Monika ke Yayasan Surplus Peduli Pangan yang diwakili oleh Executive DirectorYayasan Surplus Peduli Pangan, Alya Fatina Diandari.

 

“Sustainability adalah salah satu nilai dan tujuan yang terus kami usung di Bukalapak. Sebagai pemimpin pasar o2o di Indonesia, komitmen kami adalah terus menciptakan dampak yang berkelanjutan bagiseluruh pemilik warung dan pelaku UMKM lainnya. Melalui partisipasi kami di program ‘MoreSustainability Actions, Less Waste’ ini, semoga kami dapat memperluas dampak berkelanjutan tersebutke ranah lingkungan hidup serta pihak-pihak luar ekosistem Bukalapak dan Mitra Bukalapak. Denganbegitu kami dapat berkontribusi terhadap terbentuknya masa depan yang lebih baik bagi para generasipenerus bangsa,” ujar VP of Mitra FMCG & Fresh Bukalapak, Caesario Parlindungan

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, gerakan #MakanTanpaSisa oleh Bank DBS Indonesia telahmenyumbang lebih dari 43 ton makanan dan pengelolaan limbah organik sebagai aksi nyata untukmeningkatkan kesejahteraan lingkungan dan masyarakat. Di tahun 2021 gerakan #MakanTanpaSisatelah menyumbang 20 ton, dan di tahun 2022 menargetkan sumbangan food impact sebesar 26 ton.

"Karena itu, kami mengapresiasi komitmen dari Bukalapak beserta mitra dan Yayasan Surplus PeduliPangan dalam prakarsa untuk bersama-sama bergerak menciptakan Indonesia yang berkelanjutan.Harapan kami, aliansi pada program ‘More Sustainability Actions, Less Waste’ dapat membawa dampakdan perubahan yang akan menginspirasi banyak pihak untuk ikut memainkan perannya di dalam misi ini,”ungkap Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia, MonaMonika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini